MRT Fase 2A Dimulai, Siap-Siap Macet di Jalan Mangga Besar hingga Stasiun Kota

Kompas.com - 20/04/2021, 20:00 WIB
Foto udara kawasan Kota Tua yang sepi saat diberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Jakarta, Sabtu (18/4/2020). Selama masa PSBB, aktivitas di jalanan, gedung dan sudut-sudut kota surut. ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTAFoto udara kawasan Kota Tua yang sepi saat diberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Jakarta, Sabtu (18/4/2020). Selama masa PSBB, aktivitas di jalanan, gedung dan sudut-sudut kota surut.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui PT MRT Jakarta telah mendatangani kerja sama paket kontrak (contract package) 203 MRT Jakarta Fase 2A (Bundaran HI-Kota), Selasa (20/04/2021).

Dengan ditekennya kontrak senilai Rp 4,6 triliun tersebut, pembangunan MRT Fase 2A CP203 resmi dimulai.

Durasi pengerjaan fisik ditargetkan selama 72 bulan atau sejak September 2021 hingga Agustus 2027.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan kehadiran proyek ini berdampak pada mobilitas jalan terutama di sepanjang Jalan Mangga Besar, Glodok, hingga Stasiun Kota.

Baca juga: Situs Cagar Budaya di Sepanjang Jalur MRT Fase 2A Dipasangi Sensor Khusus

"Di sini, beberapa tahun ke depan akan ada hambatan yang mungkin tidak terlalu nyaman bagi pengguna jalan, kami memohon kepada semuanya pengertiaan dan pemahamannya," kata Anies dalam acara penandatanganan paket kontrak di Jakarta, Selasa (20/04/2021).

Anies menjelaskan, paket kontrak pengerjaan MRT Fase 2A CP203 ini akan berlangsung hingga bertahun-tahun.

Meski demikian, harus disadari bahwa pembangunan transportasi publik ini adalah untuk kemajuan bersama, dan kemajuan ibu kota.

Masyarakat yang mengalami gangguan dan hambatan mobilitas akan menikmati hasil dan dampak dari pembangunan itu.

"Mari kita tengok apa yang terjadi pada MRT Fase 1 dari Lebak Bulus sampai dengan Bunderan HI, pada saat proses konstruksi betapa rumit dan tidak nyamannya mereka yang tinggal di kawasan Selatan. Tetapi hari ini ketika konstruksi selesai, jadi fasilitas yang nyaman," jelas Anies.

Baca juga: Stasiun MRT Kota Bakal Terintegrasi dengan Underpass Stasiun KA Kota

Untuk itu, Anies mengharapkan kesabaran masyarakat menghadapi gangguan dan hambatan transportasi sebagai dampak konstruksi fisik MRT Fase 2A.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X