Pasca-gempa Malang, Jaringan Tol Trans-Jawa di Jatim Aman Dilintasi

Kompas.com - 10/04/2021, 22:03 WIB
Foto udara simpang susun Waru di Tol Surabaya-Gempol di Jawa Timur, Selasa (5/6/2018). Tol Surabaya-Gempol sudah beroperasi dan dapat dilintasi para pemudik. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGFoto udara simpang susun Waru di Tol Surabaya-Gempol di Jawa Timur, Selasa (5/6/2018). Tol Surabaya-Gempol sudah beroperasi dan dapat dilintasi para pemudik.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit memastikan, seluruh ruas dari Jaringan Jalan Tol Trans-Jawa yang ada di Jawa Timur dan Bali aman dilintasi pasca-gempa Malang.

"Secara pembacaan Safety Health Monitoring System (SHMS) untuk struktur jembatan atau tol layang aman," tutur Danang kepada Kompas.com, Sabtu (10/04/2021).

Danang melanjutkan, tujuh ruas tol di Jawa Timur tidak mengalami kerusakan signifikan dan dapat dilalui kendaraan.

Ketujuh ruas tersebut adalah Tol Pandaan-Malang, Tol Gempol-Pandaan, Tol Gempol-Pasuruan, Tol Surabaya-Gempol, Tol Surabaya-Mojokerto, Tol Waru-Juanda, serta Tol Surabaya-Gresik.

Baca juga: Penamaan Jalan Tol Layang Japek Jadi Sheikh Mohamed Bin Zayed, Jasa Marga: Permintaan Setpres

Bahkan, Tol Pasuruan-Probolinggo maupun Tol Krian-Legundi-Bunder tidak mengalami kerusakan jalan maupun konstruksi sama sekali.

Sama halnya dengan Jawa Timur, jalan bebas hambatan berbayar satu-satunya di Bali yaitu Tol Bali Mandara juga dalam kondisi aman pasca gempa tersebut.

Untuk itu, BPJT Kementerian PUPR menginstruksikan kepada seluruh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) di Jawa Timur dan Bali untuk membantu dukungan logistik dan ambulans atau paramedis yang menetap di gerbang tol (GT) terdekat.

Danang meminta para BUJT dapat berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) atau Palang Merah Indonesia (PMI) setempat.

"Tunjukkan kesetiakawanan sosial insan jalan tol Indonesia dan silahkan bekerja kepada masyarakat terdampak dengan kapasitas masing-masing. Selamat bekerja," instruksi Danang.

Senada dengan Danang, CEO Group Toll Road Business Astra Krist Ade Sudiyono mengatakan, keadaan semua jalan tol pasca dia melintasi Malang hingga Jombang dalam kondisi baik dan bisa berjalan seperti biasa.

Baca juga: Ada Uji Fungsi SHMS, Tol Layang AP Pettarani Ditutup Sementara

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X