Jalan Tol Layang AP Pettarani, Ikon Baru Kota Makassar Diresmikan dan Beroperasi 19 Maret

Kompas.com - 18/03/2021, 15:33 WIB
Tol Layang AP Pettarani diresmikan hari Ini, Kamis (18/03/2021) dan soap beroeprasi. Tol layang yang menjadi ikon Kota Makassar ini membentang 4,3 kilometer. MMNTol Layang AP Pettarani diresmikan hari Ini, Kamis (18/03/2021) dan soap beroeprasi. Tol layang yang menjadi ikon Kota Makassar ini membentang 4,3 kilometer.

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Layang AP Pettarani yang merupakan jalan tol layang pertama di Indonesia Timur, diresmikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Kamis (18/03/2021).

Jalan tol yang diklaim sebagai ikon baru Kota Makassar ini membentang sepanjang 4,3 kilometer dan dibangun oleh PT Makassar Metro Network.

Direktur Utama PT Makassar Metro Network (MMN) Anwar Toha mengungkapkan, setelah melewati berbagai tahapan yang cukup panjang, pembangunan Jalan Tol Layang AP Pettarani dapat dituntaskan dan dioperasikan secara penuh mulai Jumat (19/03/2021).

Tol layang ini sudah dapat dioperasikan dan dapat langsung dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan produktif oleh seluruh masyarakat.

Baca juga: Tol Layang AP Pettarani Beroperasi, BMN Dapat Tambahan Konsesi 15 Tahun

"Melalui peresmian hari ini, kami dengan bangga mempersembahkan kontribusi karya ribuan anak bangsa yang turut berpartisipasi dalam pembangunan infrastruktur nasional untuk menciptakan konektivitas di Timur Indonesia," ujar Anwar.

Pembangunan Jalan Tol Layang AP Pettarani merupakan salah satu contoh kontribusi swasta dalam pembangunan infrastruktur nasional.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

PT Margautama Nusantara (MUN) melalui anak usahanya MMN bersama dengan pemerintah daerah menginisiasi pembangunan ini guna mendukung sistem perekonomian dan mobilitas  sekaligus sebagai fasilitas pendukung kemajuan Kota Makassar dan daerah sekitarnya.

Secara total, masa konstruksi jalan tol layang ini membutuhkan waktu selama 30 bulan dengan melibatkan lebih dari 2.000 pekerja lokal.MMN Secara total, masa konstruksi jalan tol layang ini membutuhkan waktu selama 30 bulan dengan melibatkan lebih dari 2.000 pekerja lokal.
Secara total, masa konstruksi jalan tol layang ini membutuhkan waktu selama 30 bulan dengan melibatkan lebih dari 2.000 pekerja lokal.

Dengan kata lain, keberadaan proyek ini juga turut memberikan kontribusi pada penyerapan dan peningkatan kompetensi sumber daya manusia di Kota Makassar sekaligus memberikan kontribusi dan multi efek dalam perputaran perekonomian di wilayah tersebut.

Jalan Tol Layang AP Pettarani dibangun tanpa adanya pembebasan lahan dan menggunakan teknologi mutakhir bidang konstruksi serta inovasi perencanaan dan pelaksanaan.

Baca juga: Siap Beroperasi, Tol Layang AP Pettarani Sarat Inovasi Teknologi

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X