Jasa Marga Siapkan 9 Jalan Tol Sambut Pendanaan SWF

Kompas.com - 09/03/2021, 11:30 WIB
Tol Pandaan-Malang Dok. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPRTol Pandaan-Malang

JAKARTA, KOMPAS.com - Sovereign Wealth Fund (SWF) atau Lembaga Pengelola Investasi (LPI) dianggap dapat mendorong tumbuhnya industri infrastruktur di Indonesia.

Direktur Keuangan PT Jasa Marga (Persero) Tbk Donny Arsal mengatakan Jasa Marga sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang infrastruktur, khususnya jalan tol, menyadari betul kebutuhan investasi infrastruktur di Indonesia sangat besar sehingga peran LPI sangat diperlukan.

Menurut dia, jalan tol merupakan bisnis yang menarik untuk dipertimbangkan investor dalam melakukan investasi, karena recovery time yang sangat cepat dengan damage yang relatif rendah .

Baca juga: Rest Area, Ketika Melintasi Tol Tak Lagi Membosankan

"Terutama dalam melewati krisis keuangan maupun pandemi seperti sekarang ini, sehingga bisnis jalan tol lebih stabil untuk jangka panjang,” kata Donny di Jakarta, Senin (09/03/2021).

Donny menjelaskan, LPI yang diberikan kewenangan khusus dalam rangka pengelolaan investasi Pemerintah pusat akan berdampak positif bagi Perseroan.

LPI diyakini dapat memberikan solusi baru pendanaan yang pada prinsipnya akan berdampak baik bagi sisi keuangan Perusahaan.

Jasa Marga sendiri telah menyiapkan sembilan jalan tol yang masuk sebagai ruas potensial untuk LPI.

Ke-9 ruas tersebut adalah Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated, Jalan Tol Batang-Semarang,

Baca juga: Jual Tol Medan-Tebing Tinggi ke Investor Hong Kong, Waskita Raih Rp 824 Miliar

Lalu Jalan Tol Gempol-Pandaan, Jalan Tol Pandaan-Malang, Jalan Tol Gempol-Pasuruan, Jalan Tol Balikpapan-Samarinda, Jalan Tol Manado-Bitung dan Jalan Tol Bali Mandara.

“Namun dapat kami sampaikan, sembilan ruas ini ke depannya pun juga dapat diganti sesuai dengan risk appetite," kata Donny.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X