Kompas.com - 07/03/2021, 23:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area merupakan salah satu fasilitas penting sebagai pendukung layanan jalan tol.

Apa jadinya ketika tengah menempuh perjalanan panjang puluhan kilometer di jalan bebas hambatan, bensin Anda habis, atau kebelet buang air kecil, namun tak satu pun rest area Anda temui?

Tentu akan sangat merepotkan, dan kemungkinan hal-hal buruk yang tidak diinginkan berpeluang terjadi. 

Tak dapat dimungkiri, kehadiran rest area sangat membantu memperlancar dan membuat nyaman perjalanan pengguna jalan tol.

Umumnya, di rest area Tipe A, tersedia lengkap sejumlah amenitas vital yang sangat dibutuhkan pengguna jalan tol macam SPBU, toilet, dan masjid.

Selain itu, terdapat pula amenitas pendukung seperti ruang ritel yang diisi mini market, restoran, kafe, kios usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang menggelar barang suvenir, makanan dan minuman siap saji.

Bahkan, pasca diberlakukannya elektronifikasi transaksi pada Oktober 2017, pengelola rest area menyediakan gerai isi ulang (top up) uang elektronik.

Seiring dinamika kebutuhan pengguna jalan tol, kondisi rest area yang dibangun pun laiknya mal terbuka (outdoor) dengan pengelolaan modern dan profesional.

Salah satu sudut ruang terbuka di rest area Tol Trans-JawaJasa Marga Salah satu sudut ruang terbuka di rest area Tol Trans-Jawa
Dia tak sekadar area rehat untuk melepas lelah dan buang pipis, melainkan dirancang dengan desain menarik, unik, yang secara fisik dan visual lebih atraktif.

Rest area terkini juga lebih bersih, nyaman, dilengkapi ruang terbuka hijau, arena bermain anak, ruang seni dan kreativitas.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.