Jual Tol Medan-Tebing Tinggi ke Investor Hong Kong, Waskita Raih Rp 824 Miliar

Kompas.com - 08/03/2021, 20:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Waskita Toll Road (WTR) sepakat melakukan divestasi 30 persen saham di Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (JMKT) kepada investor asal Hong Kong, Kings Ring Limited (KRL).

Kesepakatan tersebut ditandai dengan penandatanganan Conditional Sale Purchase Agreement (CSPA) antara kedua belah pihak.

Perlu diketahui, KRL merupakan anak usaha Road King Expressway (RKE) yang telah berpengalaman lebih dari 20 tahun sebagai investor jalan tol.

Baca juga: Rest Area, Ketika Melintasi Tol Tak Lagi Membosankan

Melalui KRL, perusahaan yang berdomisili di Hong Kong itu sepakat mengambil alih seluruh saham WTR di JMKT sebesar 30 persen dengan nilai transaksi sebesar Rp 824 miliar.

Nilai transaksi tersebut akan dibayarkan secara bertahap setelah ditandatanganinya Akta Jual Beli atau Sales and Purchase Agreement (SPA) apabila seluruh dokumen dan legalitas telah lengkap.

Direktur Utama WTR Septiawan Andri Purwanto mengungkapkan, pelaksanaan divestasi ruas
tol JMKT ini merupakan strategi bisnis WTR.

Divestasi saham ini diharapkan menjadi momentum baik untuk rencana divestasi selanjutnya pada masa mendatang.

“Setelah disepakatinya perjanjian awal ini, kami akan segera memproses dokumen dan melengkapi apa saja yang dibutuhkan dari pihak investor maupun WTR sebelum penandatanganan Sale Purchase Agreement dilakukan," tegas Septiawan dalam keterangan pers, Senin (8/3/2021).

Baca juga: Lepas 20 Persen Saham Tol Semarang-Batang, Waskita Raup Rp 1,5 Triliun

Sama halnya dengan Septiawan, Direktur Business Development & Quality Health Safety and Environment (QHSE) PT Waskita Karya (Persero) Tbk Fery Hendriyanto berpendapat, penandatanganan CSPA merupakan momentum baik untuk meningkatkan kepercayaan investor dalam berinvestasi di bidang infrastruktur jalan tol.

“Penandatanganan CSPA ini hanyalah awal dari semua peluang investasi di Indonesia," tutur Fery.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.