Pemda Diminta Turut Andil Jaga Iklim Investasi Jalan Tol

Kompas.com - 05/03/2021, 18:42 WIB
Lokasi lahan tol Cisumdawu yang belum dibebaskan pemerintah milik PT Biladi Karya Abadi dokumentasi PT Biladi Karya AbadiLokasi lahan tol Cisumdawu yang belum dibebaskan pemerintah milik PT Biladi Karya Abadi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Asosiasi Jalan Tol Indonesia Krist Ade Sudiyono meminta pemerintah daerah (Pemda) turut andil dalam menjaga iklim investasi infrastruktur jalan tol.

Menurutnya, pembangunan jalan tol yang hingga saat ini masih terus gencar dilakukan sangat penting terutama bagi perekonomian daerah.

"Bahkan dampak dari adanya pembangunan infrastruktur terutama di daerah ini sudah semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," kata Krist dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Jumat (05/03/2021).

Baca juga: Pertama di Indonesia, Command Center Jalan Tol Berbasis ITS

Namun, karena keterbatasan anggaran yang dimiliki negara untuk membangun jalan tol, Pemerintah Pusat melibatkan investor swasta.

Investor tersebut akan mendapatkan pengembalian investasi dari setiap pengenaan tarif layanan jalan tol dengan masa konsesi yang telah ditetapkan.

"Jadi berdasarkan tiga skema kerja sama yang ditawarkan, ternyata sebagian besar menggunakan skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU)," jelasnya.

Namun demikian, Krist mengingatkan, bahwa investasi di jalan tol memerlukan kapital yang besar dan tingkat pengembalian yang sangat panjang.

Karenanya pemerintah pusat dan daerah mesti memberikan kepastian usaha dan menjaga iklim investasi di sektor ini.

Baca juga: Lepas 20 Persen Saham Tol Semarang-Batang, Waskita Raup Rp 1,5 Triliun

Salah satu contoh Tol Yogyakarta-Bawen yang membutuhkan total investasi sebesar Rp 14,26 trilun dengan pengembalian selama masa konsesi 40 tahun.

"Dengan investasi sebesar itu, maka tarif awal untuk golongan I yang dikenakan harus Rp 1.875 per kilometer," ujar Krist.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X