Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masuki Tahap Akhir, Konstruksi Tol Cengkareng-Kunciran Tuntas Maret 2021

Kompas.com - 02/03/2021, 11:00 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan Jalan Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran sepanjang 14,19 kilometer memasuki tahap akhir

Ruas tol ini merupakan salah satu dari enam ruas Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR II) yang dibangun untuk melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan Metropolitan Jabodetabek.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan-kawasan produktif akan mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri.

"Hingga saat ini, progres konstruksi Jalan Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran telah mencapai 93,06 persen dan ditargetkan selesai Maret 2021," kata Basuki dalam keterangan tertulis, Senin (01/03/2021).

Baca juga: Tol Jagorawi dan Cipularang Raih Sertifikat Bintang Tiga

Ruas tol ini dikelola oleh PT Jasamarga Kunciran Cengkareng (JKC) dengan nilai investasi sebesar Rp 1,96 triliun.

Pembangunan Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran terbagi menjadi 4 Seksi, yaitu Seksi I (Kunciran – Tirtayasa) sepanjang 2,04 kilometer, Seksi II (Tirtayasa-Benteng Betawi) sepanjang 3,52 kilometer.

Kemudian Seksi III (Benteng Betawi-H.Sastranegara) sepanjang 6,57 kilometer, dan yang terakhir Seksi IV (H.Sastranegara-SS Benda) sepanjang 2,06 kilometer.

Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran akan dilengkapi 5 Gerbang Tol (GT), yakni GT Kunciran, GT Tirtayasa, GT Buaran Indah, GT Tanah Tinggi, dan GT Husein Sastranegara. Selain itu juga dilengkapi juga 3 Simpang Susun (SS) yaitu SS Kunciran, SS Belendung, dan SS Benda.

Dukungan ruas tol ini adalah untuk memperlancar lalu lintas, memangkas waktu perjalanan, sekaligus meningkatkan pertumbuhan ekonomi pada aglomerasi Megapolitan Jabodetabek, dan mengurangi beban lalu lintas Jalan Tol JORR I yang semakin padat setiap harinya.

Baca juga: Tak Lama Lagi, dari Serpong ke Pamulang Bisa Lewat Jalan Tol

Selain Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran, ruas tol 6 Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR II) lainnya adalah Jalan Tol Kunciran-Serpong (11,4 kilometer), Jalan Tol Serpong-Cinere (10,14 kilometer), Jalan Tol Cinere-Jagorawi (14,70 kilometer), Jalan Tol Cimanggis-Cibitung (26,18 kilometer), Jalan Tol Cibitung-Cilincing (34,02 kilometer).

Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran nantinya juga akan tersambung dengan Jalan Tol Kunciran-Serpong yang sudah beroperasi dan diresmikan oleh Presiden Jokowi sejak Desember 2019 lalu.

Selain itu juga diharapkan menjadi akses tol alternatif menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan wilayah sekitarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com