Sofyan Akan Pecat PPAT yang Terlibat Pencurian Sertifikat Rumah Milik Ibunda Dino Patti Djalal

Kompas.com - 11/02/2021, 20:00 WIB
Mantan Wakil Menteri Luar Negeri Dino Patti Djalal membagikan foto saat polisi mendatangi rumah ibunya untuk mengusut kasus dugaan pencurian sertifikat tanah dengan cara peralihan nama pemilik dalam sertifikat rumah. Akun Twitter @dinopattidjalalMantan Wakil Menteri Luar Negeri Dino Patti Djalal membagikan foto saat polisi mendatangi rumah ibunya untuk mengusut kasus dugaan pencurian sertifikat tanah dengan cara peralihan nama pemilik dalam sertifikat rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil akan mengambil tindakan tegas berupa pemecatan jika anak buahnya kedapatan terlibat dalam pencurian sertifikat rumah milik Ibunda Dino Patti Djalal.

"Kami tegaskan kalau ada Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) yang terlibat, kita akan hukum tegas sekali, kalau perlu kita pecat. Jadi kita akan periksa, kita tunggu aja," kata Sofyan dalam konferensi pers virtual, di Jakarta, Kamis (11/02/2021).

Sofyan menjelaskan secara internal BPN akan memanggil dan mengaudit PPAT dan memeriksa proses pengalihan sertifikat tanah tersebut.

Jika ditemukan kesengajaan yang dilakukan anak buahnya, atau bersekongkol dengan mafia tanah tersebut maka akan dipecat.

Baca juga: BPN Blokir Sementara Sertifikat Rumah Milik Ibunda Dino Patti Djalal

"Dalam kasus ini nanti Dirjen terkait akan melakukan audit. Sejauh ini semuanya kan sesuai standar, namun Dirjen akan melakukan audit secara khusus apakah ada kesengajaan, atau tidak," ujar dia.

Sofyan menjelaskan status sertifikat rumah milik Ibunda Dino Patti Djalal di BPN telah terdaftar dengan nama berbeda.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelah dilakukan pengecekan, hasilnya dokumen itu terverifikasi lengkap dan telah memenuhi persyaratan.

"Jadi pengalihan ini dilakukan secara prosedural dan lengkap persyaratannya," sambung Sofyan.

Baca juga: Kasus Pencurian Sertifikat, BPN Akui Ada Mafia Tanah Palsukan KTP Milik Ibunda Dino Patti Djalal

Namun demikian, BPN belum dapat mengembalikan sertifikat rumah tersebut kepada pemilik aslinya karena masih menunggu hasil penyelidikan dan bukti materiil dari pihak kepolisian.

Setelah hasil tersebut keluar dan ditemukan bukti secara materiil, maka BPN akan langsung mengalihkan status dan nama kepemilikan sertifikat rumah itu ke pemiliknya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X