Bencana di Sejumlah Daerah, Kementerian ATR/BPN Gandeng Pemda Perbaiki Tata Ruang

Kompas.com - 21/01/2021, 10:18 WIB
Tim SAR gabungan temukan dua korban longsor di lokasi Perumahan Pondok Daud, Cihanjuang, Sumedang, Jawa Barat, Senin (18/01/2021). Dok. Basarnas BandungTim SAR gabungan temukan dua korban longsor di lokasi Perumahan Pondok Daud, Cihanjuang, Sumedang, Jawa Barat, Senin (18/01/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Awal tahun 2021, bencana gempa, longsor dan banjir melanda berbagai daerah di Indonesia.

Mulai dari gempa berkekuatan 6,2 magnitudo di Provinsi Sulawesi Barat, banjir di Provinsi Kalimantan Selatan, hingga tanah longsor di Desa Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat.

Oleh karena itu, Kementerian ATR/BPN akan terus bekerja sama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) terdampak bencana alam untuk memperbaiki penataan ruang.

Kegiatan penataan ruang merupakan kewenangan Pemda di bawah pembinaan pemerintah pusat, khususnya Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN Surya Tjandra mengatakan hal itu dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (21/1/2021).

Baca juga: Ini Ancaman Pidana Bagi Penyebab Banjir Puncak dan Pelanggar Tata Ruang

"Kami akan coba bahu membahu untuk membereskan penataan ruang, melakukan pengendalian atas tata ruang tersebut, dan menegakkan tegakkan aturannya," tegas Surya.

Surya mengatakan, bagi warga yang terkena dampak bencana tanah longsor di Desa Cimanggung saat ini sudah menerima relokasi dari Pemda.

Namun, untuk membangun kembali pemukiman warga di daerah itu terdapat syarat-syarat ketat.

Meski begitu, kerja keras Pemda melakukan penanganan korban bencana di Desa Cimanggung diapresiasi Surya.

Menurut Surya, Pemda sudah bergerak cepat dan berperan aktif dalam menyelamatkan korban dari bencana alam tersebut.

"Terima kasih buat Pak Sekretaris Daerah (Sekda) dan tim dalam menangani bencana ini, terutama terhadap para korban. Aplikasi penanganan di lapangan sangat cepat sehingga para korban bisa direlokasi," lanjut Surya.

Saat meninjau bencana longsor tersebut, Surya didampingi oleh Sekda Kabupaten Sumedang Herman Suryatman.

Dalam momen itu, Surya memebrikan bantuan dari ATR/BPN Peduli Bencana kepada para korban bencana alam di Desa Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X