YLKI Anggap Kenaikan Tarif Tol Saat Pandemi Picu Pelemahan Ekonomi

Kompas.com - 19/01/2021, 21:00 WIB
Gerbang Tol (GT) Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang. Dok. PT Jasamarga Metropolitan Tollroad.Gerbang Tol (GT) Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kenaikan tarif delapan ruas tol telah resmi berlaku sejak Minggu (17/01/2021) pukul 00.00 WIB.

Kedelapan ruas jalan bebas hambatan itu dimiliki dan dikelola oleh lima Badan Usaha Jalan Tol ( BUJT) yakni, PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT Hutama Karya (Persero), PT Waskita Toll Road, PT Marga Lingkar Jakarta, serta PT Jakarta Lingkar Baratsatu.

Ruas-ruas tol tersebut adalah Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) Ruas E1, E2, E3, W2U, W2S, S, dan Akses Tanjung Priok (ATP), (milik Jasa Marga, Hutama Karya, MLJ, dan JLB) dan Pondok Aren Bintaro-Viaduct Ulujami (milik Jasa Marga).

Kemudian, Tol Surabaya-Gempol (milik Jasa Marga), Tol Palimanan-Kanci (milik Jasa Marga), Tol Kanci-Pejagan (milik Waskita Toll Road), dan Tol Tol Pejagan-Pemalang (Waskita Toll Road).

Baca juga: Resmi, Tarif 8 Ruas Tol Naik Serentak Minggu 17 Januari

Selanjutya, Tol Semarang Seksi A, B, dan C (milik Jasa Marga), Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang atau Cipularang (milik Jasa Marga), dan Tol Padalarang-Cileunyi atau Padaleunyi (milik Jasa Marga).

Kenaikan tarif tol tersebut dilakukan dalam rangka menjamin para BUJT untuk meningkatkan level of service (tingkat pelayanan) dan sebagai wujud kepastian pengembalian investasi.

Menanggapi hal ini, Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia ( YLKI) Tulus Abadi mengaanggap kenaikan tarif seharusnya tidak dilakukan di tengah pandemi Covid-19.

Menurutnya, kenaikan tarif tol pada waktu yang tidak tepat seperti saat ini justru dapat memicu terjadinya pelemahan ekonomi.

Terlebih, kenaikan tarif itu terjadi pada pada jenis kendaraan logistik dan angkutan umum yang dikhawatirkan dapat berdampak pada kenaikan harga barang.

"Daya beli masyarakat menurut akibat Pandemi Covid-19. Jika tarif tol naik, ongkos logistik naik. Ini berdampak pada naiknya harga barang," ujar Tulus kepada Kompas.com, Selasa (19/01/2021).

Baca juga: Minggu, Tarif 8 Ruas Tol Naik Serentak, Ini Rincian Lengkapnya

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X