Kontraktor China Berjaya, Enam Perusahaan Masuk 20 Besar Dunia

Kompas.com - 18/01/2021, 17:15 WIB
Ilustrasi konstruksi. RhumbixIlustrasi konstruksi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski pasar kontruksi dunia menunjukkan perlambatan sejak beberapa tahun terakhir, namun perusahaan-perusahaan China tetap digdaya.

Mereka menguasai enam posisi 20 besar dunia dalam daftar ENR’s 2020 Top 250 International Contractors, masing-masing berada di peringkat 4, 7, 8, 12, 13, dan 15.

Sementara Spanyol, meski hanya diwakili tiga kontraktor, namun satu di antaranya menduduki posisi nomor wahid yakni ACS Actividades De Construcccion Y Service.

Sama dengan Spanyol, Perancis juga menempatkan tiga kontraktor di daftar 20 besar dunia. Masing-masing berada di posisi 3, 5, dan 17.

Sejumlah faktor memengaruhi konstelasi sektor konstruksi, mulai dari pergolakan politik, perang tarif, perang dagang, hingga fluktuasi harga minyak dan logam.

Baca juga: China, Rusia, Hongaria dan Amerika Kompak Investasi Jalan Tol di Indonesia

Tak hanya itu, pandemi Covid-19 makin memberikan tekanan berat dan serius pada pergerakan bisnis kontraktor internasional.

Meski demikian, ke-20 perusahaan konstruksi global tersebut tetap mampu membukukan keuntungan dari pendapatan usaha mereka.

Berikut 20 perusahaan kontraktor dengah pendapatan tertinggi sepanjang tahun 2020:

1. ACS Actividades De Construccion Y Service, Madrid, Spanyol

Perusahaan ini dua tahun berturut-turut berada di peringkat teratas. 

Halaman:


Sumber ENR
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X