Tarif Baru Tol Palikanci, Tol Semarang Seksi A-B-C, dan Tol Surabaya-Gempol Berlaku 17 Januari

Kompas.com - 14/01/2021, 20:30 WIB
Ruas Tol Palimanan-Kanci. HBARuas Tol Palimanan-Kanci.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division akan memberlakukan penyesuaian tarif Jalan Tol Palimanan-Kanci (Palikanci), Tol Semarang Seksi A,B,C , serta Tol Surabaya-Gempol (Surgem), Minggu (17/1/2021) pukul 00.00 WIB

Penyesuaian tarif ketiga ruas jalan tol tersebut sudah dilakukan melalui media sosial dan pemasangan Variable Message Sign (VMS).

Regional Division Head Jasamarga Transjawa Tollroad (JTT) Reza Febriano mengatakan hal itu dalam konferensi pers virtual, Kamis (14/1/2021).

"Dalam beberapa hari lalu, kami sudah melakukan sosialisasi dengan menginformasikan dalam waktu dekat penyesuaian tarif dilakukan di tiga ruas ini," terang Reza.

Baca juga: Berlaku 17 Januari, Ini Rincian Lengkap Tarif Integrasi Tol Japek dan Layang

Penyesuaian tarif ini sesuai dengan Keputusan Menteri (Kepmen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No.1403/KPTS/M/2020 tentang Penyesuaian Tarif Pada Ruas Jalan Tol Palimanan-Kanci.

Kemudian, Kepmen PUPR No.1228/KPTS/M/2020 tentang Penyesuaian Tarif Pada Ruas Jalan Tol Semarang Seksi A,B,C, serta Kepmen PUPR No.1117/KPTS/M/2020 tentang Penyesuaian Tarif Pada Ruas Jalan Tol Surabaya-Gempol.

Untuk Tol Palikanci, kata Reza, telah mengalami keterlambatan implementasi penyesuaian tarif sejak dikeluarkan Kepmen selama 139 hari.

Lalu, keterlambatan juga terjadi di Tol Semarang Seksi A,B,C selama 78 hari, dan Tol Surabaya-Gempol selama 205 hari.

Penyesuaian tarif jalan tol ini juga diikuti dengan peningkatan layanan di bidang transaksi seperti, kapasitas transaksi dengan penambahan Oblique Approach Booth (OAB) atau gardu miring, penambahan fasilitas top-up elektronik, dan penambahan unit mobile reader di Gerbang Tol (GT).

Pada bidang layanan lalu lintas, dilakukan upaya penambahan fasilitas jalan tol, pemasangan CCTV, membangun lokasi penindakan kendaraan Over Dimension Over Load ( ODOL) dan pemasangan Weight in Motion (WIM), optimalisasi fasilitas ruang kontrol, dan pemasangan GPS pada kendaraan layanan lalu lintas.

Baca juga: Perubahan Tarif 3 Ruas Tol Trans-Jawa, Hampir Seluruh Golongan Kendaraan Naik

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X