Sejumlah Konsekuensi dari Integrasi Tarif Tol Japek dan Layang

Kompas.com - 14/01/2021, 15:43 WIB
Arus lalu lintas di tol Jakarta-Cikampek kilometer 57 pada 24 Desember 2020. KOMPAS.COM/FARIDAArus lalu lintas di tol Jakarta-Cikampek kilometer 57 pada 24 Desember 2020.

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam waktu tiga hari ke depan atau tepatnya Minggu (17/1/2021), tarif integrasi Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) dan Jalan Tol Layang Japek (Elevated) II akan segera berlaku.

Direktur Utama PT Jalanlayang Jakarta Cikampek (JJC) Vera Kirana memastikan hal itu dalam konferensi pers virtual, Kamis (14/1/2021).

"Maka, akan ditetapkan tarif terintegrasi ruas ( tol) Japek dan Japek (Elevated) II pada 17 Januari Tahun 2021 pukul 00.00 WIB," tegas Vera.

Ada sejumlah konsekuensi dan dampak bagi pengguna jalan dari sistem integrasi pentarifan antara Jalan Tol Japek dan Tol Layang Japek (Elevated) II.

Pertama, efisiensi titik transaksi dan distribusi lalu lintas. Di mana, sistem transaksi dan pentarifan antara kedua jalan tol tersebut akan meminimalisasi titik transaksi dengan hanya membayar 1 kali tarif.

"Kemudian, adanya distribusi kendaraan di Jalan Tol Japek karena pemisahan jarak jauh dan jarak dekat," lanjut Vera.

Kedua, akan ada peningkatan kapasitas jalan yang berdampak pada penurunan Volume Capacity Ratio (V/C ratio).

Menurut dia, rata-rata penurunan V/C ratio di Tol Japek setelah Tol Layang Japek II beroperasi menjadi 0,56 yang semula 0,80 (arah Cikampek).

Baca juga: Minggu 17 Januari, Tarif Integrasi Tol Japek dan Layang Resmi Berlaku, Terjauh Golongan I Rp 20.000

Sementara untuk arah Jakarta, penurunan V/C rationya menjadi 0,54 yang semula 0,81.

Untuk V/C ratio tertinggi sebelum Tol Layang Japek (Elvated) II beroperasi pada segmen Cikarang Timur-Karawang Barat sebesar 1,07 dan turun menjadi 0,63 di arah Cikampek.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X