Cegah Longsor Susulan, Struktur Tanah Bakal Diperbaiki

Kompas.com - 14/01/2021, 17:03 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengunjungi lokasi terjadinya bencana longsor di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Kamis (14/01/2021). Ardiansyah Fadli/Kompas.comMenteri PUPR Basuki Hadimuljono mengunjungi lokasi terjadinya bencana longsor di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Kamis (14/01/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Struktur tanah di lokasi terjadinya longsor Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, akan diperbaiki.

Penanganan dan perbaikan struktur tanah dilakukan agar bencana longsor yang terjadi pada Sabtu (09/01/2021) idak terulang kembali.

"Nanti kami akan coba memperbaiki struktural tanah yang ada disini. Agar tanah ini tidak bergerak sehingga berpotensi menyebabkan longsor," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dalam kunjungannya ke lokasi longsor Sumedang, Kamis (14/01/2021).

Basuki menjelaskan, perbaikan struktur tanah akan dilakukan setelah upaya dan rangkaian evakuasi rampung seluruhnya.

Baca juga: Basuki Minta Pemda Evaluasi Izin Pengembang yang Bangun Perumahan di Lokasi Rawan Longsor

"Sekarang ini fokusnya evakuasi yang dilakukan oleh Basarnas, dan teman teman sekawan," ujarnya.

Dalam memperbaiki struktur tanah, Kementerian PUPR akan bekerja sama dengan badan geologi setempat untuk mengetahui peta tanah.

Untuk diketahui, bencana longsor yang tejadi di Desa Cihanjuang Kabupaten Sumedang Jawa Barat pada Sabtu (09/01/2021) lalu mengakibatkan 22 orang meninggal tertimbun longsor dan 18 orang lainnya belum ditemukan.

Hingga hari keenam pasca bencana tersebut, evakuasi masih terus dilakukan. Ratusan warga terdampak dan kawasan rumah dekat lokasi longsor akan dikosongkan dan dievakuasi ke posko terdekat.

Kementerian PUPR melalui Balai Besar Wilayah Sungai Citarum telah mengirimkan satu alat berat ekskavator untuk membantu menangani evakuasi pasca bencana.

Baca juga: Penanganan Pasca-longsor Sumedang, Satu Rumah Baru untuk Satu Kepala Keluarga

Bantuan lainnya berupa pembangunan rumah relokasi warga terdampak longsor yang akan diberikan kepada setiap kepala keluarga (KK).

"Iya, ini kan korban bencana. Jadi satu KK akan dapat satu rumah," kata Basuki.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X