Akibat Pandemi, Pembangunan MRT Fase II Molor hingga Agustus 2027

Kompas.com - 05/01/2021, 15:32 WIB
Ilustrasi reklame stiker yang tertempel di Stasiun MRT Jakarta Stasiun Bundaran HI. KOMPAS.com/Ryana AryaditaIlustrasi reklame stiker yang tertempel di Stasiun MRT Jakarta Stasiun Bundaran HI.

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) William Sabandar mengungkapkan pembangunan jalur MRT Jakarta fase II molor akibat Pandemi Covid-19.

Menurutnya, jalur MRT fase II tahap pertama (CP201) yaitu dari Bundaran HI-Harmoni akan selesai pada Maret Tahun 2025.

"Jadi untuk fase II tahap pertama kemarin, sebetulnya kami targetkan selesai Desember 2024. Namun, karena ada Covid-19 kemudian fase II tahap pertama itu mundur tiga bulan jadi Maret 2025," tutur William dalam diskusi virtual bertajuk "Paparan Capaian MRT Tahun 2020 dan Rencana Tahun 2021", di Jakarta, Selasa (05/01/2021).

Baca juga: Tahun Ini, MRT Jakarta Targetkan 65.000 Penumpang Per Hari

William menjelaskan, MRT fase II tahap kedua (CP202) yaitu dari Harmoni-Mangga Besar juga diperkirakan akan mundur hingga Agustus 2027.

Saat ini, progres pembangunan jalur MRT fase II tahap pertama yaitu Bundaran HI-Harmoni baru mencapai 9,8 persen.

Pembangunan tersebut meliputi pekerjaan pondasi untuk pos polisi Medan Merdeka dan pelebaran jalan untuk traffic diversion.

Sementara jalur MRT fase II tahap kedua (CP202) sedang dilakukan persiapan pengadaan secara langsung (direct contracting) untuk mempercepat proses pembangunan.

Baca juga: MRT Rute Fatmawati-Taman Mini Dibangun 2022, Butuh Dana Rp 28 Triliun

"Lelang CP202 akan digabungkan dengan proyek railway system and trackwork (CP205) menjadi satu paket," cetus dia.

Kata William, lelang CP202 sebelumnya berkali-kali gagal dilakukan, karena itu diputuskan oleh Pemerintah Jepang dan Indonesia untuk menggabungkan paket dari Harmoni ke Mangga Besar ditambah railway system secara direct contracting.

Meski molor, William memastikan MRT Jakarta akan tetap berupaya untuk membangun jalur baru dari Bundaran HI hingga ke Ancol Barat, dan ditargetkan rampung pada 2029.

Selain itu, terdapat juga satu jalur baru yang akan dikembangkan dengan pendekatan public private partnership (KPBU) yaitu jalur MRT rute Fatmawati-Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sepanjang 12 kilometer.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X