Selamat Tinggal 2020, Ini Lima Jalan Tol Terpanjang di Indonesia

Kompas.com - 31/12/2020, 07:00 WIB
Interchange Kayuagung Jalan Top Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 189 kilometer. Jalan bebas hambatan ini merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS). Hingga saat ini, merupakan tol terpanjang di Indonesia. Hutama KaryaInterchange Kayuagung Jalan Top Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 189 kilometer. Jalan bebas hambatan ini merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS). Hingga saat ini, merupakan tol terpanjang di Indonesia.

JAKARTA, KOMPAS.com - Hingga akhir Tahun 2020 Pemerintah telah membangun dan mengoperasikan sekitar 1.550 kilometer jalan tol.

Sementara periode 2020 sampai 2024 mendatang, target pembangunan jalan tol diproyeksikan mencapai 2.500 kilometer. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Itu artinya, menurut Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Hedy Rahadian, kapasitas natural (natural capacity) Pemerintah membangun jalan tol per tahunnya sepanjang 500 kilometer.

"Sebelumnya, pembangunan jalan tol pada periode 2015-2019 telah tercapai sepanjang 1.298 kilometer," ungkap Hedy dalam webinar nasional bertajuk " Konektivitas Prasarana Jalan untuk Kesejahteraan Bangsa", Senin (21/12/2020).  

Baca juga: Mau Tahu Kondisi Lalin Terkini dan Tarif Tol? Klik BPJT Info

Di antara ribuan kilometer jalan tol yang dibangun dan telah beroperasi hingga jelang tutup Tahun 2020 tersebut, terdapat lima ruas terpanjang di Indonesia. 

Tiga jalan tol merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Trans-Sumatera, sementara dua lainnya merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Trans-Jawa.

Berikut kelima ruas jalan tol terpanjang yang telah beroperasi di Indonesia hingga tutup tahun 2020:

1. Jalan Tol Trans-Sumatera Ruas Terbanggu Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka)

Jalan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) merupakan jalan tol terpanjang di Indonesia hingga tutup Tahun 2020.Hutama Karya Jalan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) merupakan jalan tol terpanjang di Indonesia hingga tutup Tahun 2020.
Jalan tol ini dirancang sepanjang 189,2 kilometer dan dibangun oleh PT Hutama Karya (Persero).  

Jalan bebas hambatan ini merupakan lanjutan dari Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, mencakup Provinsi Lampung dan Provinsi Sumatera Selatan dengan trase Terbanggi Besar, Lampung Tengah, Kayu Agung, hingga Ogan Komering Ilir.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.