Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Tahu Kondisi Lalin Terkini dan Tarif Tol? Klik BPJT Info

Kompas.com - 30/12/2020, 09:25 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) melansir BPJT Info, sebuah aplikasi yang dapat menampilkan live updates atau menampilkan informasi kondisi terkini di jalan tol.

Sekretaris BPJT Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Triono Junoasmono menuturkan, BPJT Info juga menampilkan news updates berupa informasi berita terkait jalan tol termutakhir.

Kemudian, terdapat fitur call center atau informasi call center jalan tol yang bisa dihubungi dan tautan Aplikasi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk memberikan informasi aplikasi-aplikasi mobile lainnya yang masih terkait dengan jalan tol.

"Sementara fitur lainnya berupa cek tarif tol yang berfungsi untuk menampilkan informasi estimasi total tarif tol yang harus dikeluarkan antar ruas tol semua golongan kendaraan dengan navigasi," jelas Triono dalam keterangan tertulis, Selasa (29/12/2020).

Baca juga: BPJT Sebut Pandemi Tak Berdampak Pada Investasi Jalan Tol

Lalu, lokasi gerbang tol dan fasilitas rest area terdekat, peta jalan tol yang menampilkan informasi ruas tol di Indonesia, dan pengaduan yang memungkinkan pengguna melakukan pengaduan atau kontak langsung dengan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) terkait jalan tol yang dilewati.

Triono menjelaskan, BPJT Info merupakan pengembangan versi mobile dari aplikasi Tarif Tol BPJT berbasis website.

Perubahan nama dari Mobile BPJT Tarif Tol menjadi BPJT Info merupakan usulan yang disebabkan oleh fungsi global dari aplikasi tersebut.

"Aplikasi ini tidak lagi hanya untuk mencari tarif tol, tapi juga untuk memudahkan pengguna dalam mencari informasi apapun terkait jalan tol," tegas Triono.

Dia mengungkapkan, BPJT Info dirancang untuk memudahkan pengguna jalan tol mendapatkan informasi satu pintu mengenai semua ruas jalan tol yang dikelola oleh seluruh BUJT.

Sebab, peningkatkan kualitas layanan jalan tol secara berkelanjutan sangat diperlukan karena kebutuhan dan ekspektasi publik yang semakin tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com