Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tarif Integrasi Tol Jakarta-Cikampek Bakal Persingkat Waktu Tempuh

Kompas.com - 18/11/2020, 11:00 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Integrasi Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated (Layang) dalam bentuk tarif baru dinilai bakal mempersingkat waktu tempuh.

Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru Santoso menjelaskan, tujuan dibangunnya Tol Jakarta-Cikampek II Elevated (Layang) adalah untuk mengurai kepadatan kendaraan yang kerap terjadi di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Karenanya, dengan adanya tol layang tersebut, maka terjadi penambahan kapasitas menjadi enam lajur. Rinciannya, empat lajur di bawah dan dua lajur di atas.

"Ini kami sebut capasity extention jadi penambahan kapasitas," kata Heru dalam diskusi virtual di Jakarta, Selasa (18/11/2020).

Baca juga: Jasa Marga Segera Berlakukan Tarif Integrasi Tol Jakarta-Cikampek

Heru mengklaim, selama tahap uji coba tol layang yang berlangsung selama satu tahun ini, kepadatan dapat diurai, dan waktu tempuh lebih singkat.

Namun, sayangnya selama masa uji coba Jalan Tol Jakarta-Cikampek II elevated belum dikenakan tarif.

Heru menilai jika tidak diberlakuakn tarif integrasi antara kedua lajur jalan tol tersebut akan menghambat bagi pengendara.

Pengendara akan memilih tarif yang lebih terjangkau sehingga malah mengakibatkan penumpukan di salah satu ruas jalan tol tersebut.

"Nanti pengendara akan sibuk memilih mana yang lebih murah dan itu memakan waktu transaksi," imbuh Heru.

Sebaliknya, dengan tarif terintegrasi pengendara tidak perlu melakukan transaksi dua kali untuk dapat menggunakan dua jalur jalan tol tersebut.

Selain itu, pengendara juga dapat menghemat waktu tempuh karena tidak adanya penumpukan di kedua jalan tol.

Baca juga: YLKI Minta Kenaikan Tarif Tol Jakarta-Cikampek Ditunda

"Jadi pengendara bebas memilih untuk menggunakan jalan tol keduanya, karena harganya sama saja," kata Heru seraya menambahkan, akan terjadi pemisahan untuk pengendara dengan jarak tempuh jauh dan jarak tempuh dekat.

Bagi pengendara dengan jarak tempuh jauh akan menggunakan jalur Tol Jakarta-Cikampek II Elevated, sementara pengendara dengan tujuan dekat akan menggunakan Tol Jakarta-Cikampek (eksisting).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com