Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kapan Konstruksi Tol Akses Patimban Dimulai? Ini Bocorannya

Mengingat porsi pembangunan jalan tol yang membentang sepanjang 37,05 km dan memiliki lima seksi ini terbagi menjadi dua.

Meliputi porsi BUJT PT Jasamarga Akses Patimban (JAP) sepanjang 14,11 km yang mencakup Seksi 1 dan 2. Sementara porsi Pemerintah sepanjang 22,94 km, mencakup Seksi 3-5.

Sebagaimana disampaikan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit, konstruksi jalan tol porsi BUJT direncanakan mulai pada Semester 2 Tahun 2023 dan diharapkan dapat beroperasi pada akhir tahun 2024.

"Pengerjaan porsi dukungan Pemerintah dilakukan secara simultan dan direncanakan selesai secara bersamaan dengan porsi BUJT," ujarnya dalam keterangan resmi dikutip dari laman Kementerian PUPR, Rabu (25/01/2023).

Lalu, Seksi 3 SS Pasir Bungur-SS Tambak Dahan sepanjang 16,10 km, Seksi 4 SS Tambak Dahan-SS Pusakanegara 7,11 Km, dan Seksi 5 SS Pusakanegara-Patimban 1,13 Km.

Jalan tol ini akan terkoneksi dengan Jalan Tol Cikampek-Palimanan di sisi Selatan dan terkoneksi dengan Pelabuhan Patimban di sisi Utara.

Sementara itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono berpesan agar seluruh pihak terkait baik Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, maupun BUJT untuk bekerja lebih cepat agar target pengoperasian Jalan Tol Akses Patimban pada September 2024 mendatang dapat tercapai.

Ia pun meminta agar proses pembebasan lahan khususnya untuk pekerjaan porsi Pemerintah segera dilakukan mulai akhir Januari ini.

Selain percepatan pembangunan fisik, Basuki juga meminta agar memperhatikan kualitas, estetika, dan keberlanjutan lingkungan. Termasuk Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

"Harus menggunakan produk dalam negeri, jangan impor," pungkas Menteri PUPR.

https://www.kompas.com/properti/read/2023/01/26/113750521/kapan-konstruksi-tol-akses-patimban-dimulai-ini-bocorannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke