Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Desain Kantor yang Bikin Karyawan Produktif

Mulai dari menggunakan pencahayaan alami hingga memasang fitur ruang kerja yang estetis.

Ada banyak strategi desain yang tersedia untuk membantu Anda mengatur kantor secara efektif dan memaksimalkan input alur kerja.

Berikut tips desain unik yang harus Anda pertimbangkan untuk diterapkan untuk meningkatkan produktivitas kantor Anda, menurut Indeed.

Buka jendela atau gunakan lampu alami

Karena karyawan sering menghabiskan sebagian besar hari-hari mereka di dalam kantor, akan sangat membantu untuk merancang kantor dengan jendela terbuka yang memungkinkan cahaya luar untuk disaring.

Jika ini tidak memungkinkan, Anda dapat mempertimbangkan untuk memasang bola lampu yang dapat menghilangkan cahaya alami.

Ini dapat membantu tim Anda terhubung ke dunia luar dan menghindari sakit kepala akibat cahaya yang tidak wajar dan tidak wajar.

Gunakan kursi yang dapat disesuaikan dengan pergerakan tubuh

Kursi yang dapat disesuaikan dan dapat membantu anggota tim mengubah ketinggian peralatan ruang kerja mereka untuk mempertahankan tingkat optimal.

Ini dapat membantu mengurangi stresor fisik yang mengganggu, seperti ketegangan mata dan sakit punggung, yang dapat menghilangkan produktivitas di tempat kerja.

Gunakan warna secara strategis

Skema warna yang Anda pilih dapat sangat memengaruhi kenyamanan dan kemampuan karyawanuntuk fokus sepanjang hari.

Meskipun ada berbagai pendapat tentang skema warna apa yang terbaik untuk produktivitas di ruang kantor, banyak profesional desain merekomendasikan menggunakan warna alami, seperti biru atau hijau, yang meniru elemen ruang luar.

Gunakan infrastruktur peredam suara

Umumnya bagi karyawan untuk mengalami penurunan produktivitas di ruang kerja yang bising, terutama jika mereka dapat dengan mudah mendengar percakapan, musik, atau suara eksternal rekan kerja lainnya.

Untuk menghindari gangguan ini, coba pasang infrastruktur peredam suara atau tawarkan perangkat peredam suara kepada anggota tim.

Menetapkan beberapa ruang kerja

Individu yang berbeda kemungkinan akan memiliki preferensi ruang kerja yang bervariasi yang bergeser setiap hari, tergantung pada kebutuhan alur kerja tepat waktu tertentu, seperti ruang konferensi, ruang kerja kelompok, dan kantor.

Ini dapat membantu anggota tim menghindari perasaan terlalu terstimulasi dalam rencana kantor terbuka, memungkinkan peluang yang lebih kolaboratif, dan meningkatkan efisiensi.

Temukan ruang untuk penyimpanan ide

Ketika anggota tim menghasilkan ide, mereka harus dapat merekam ide-ide tersebut di tempat tertentu sebelum melanjutkan tugas sehari-hari yang diberikan.

Memiliki papan tulis atau dinding kapur tempat anggota tim dapat menuliskan ide-ide mereka dapat membantu menghindari gangguan alur kerja, melacak ide-ide inovatif, dan secara bersamaan mempertahankan produktivitas.

Tempatkan tanaman secara strategis

Anggota tim di sekitarnya dengan pengingat tentang dunia alami dapat membantu mereka merasa lebih tenang dan mempertahankan fokus sepanjang hari kerja.

Cobalah untuk secara strategis menempatkan berbagai pabrik dalam ruangan dengan perawatan rendah di berbagai area kantor untuk meningkatkan relaksasi dan keterlibatan tim.

Rancang ruang luar

Ketika anggota tim memiliki akses ke ruang luar yang ditentukan, mereka mungkin memiliki peluang relaksasi yang lebih mudah diakses sepanjang hari kerja.

Ini dapat membantu karyawan merasa lebih seimbang dan tidak terlalu stres ketika mereka kembali ke meja mereka. Karena itu, jika memungkinkan, cobalah untuk memasukkan ruang luar dalam desain Anda.

Pasang karya seni di seluruh ruang kantor

Saat Anda mendekorasi kantor Anda, Anda harus mempertimbangkan untuk memasang karya seni di seluruh ruang yang berbeda.

Memiliki karya seni yang terlihat dapat membantu menginspirasi kreativitas di antara anggota tim. Padahal, dengan ini, penting untuk memasang potongan sederhana yang tidak menimbulkan gangguan potensial.

Personalisasi ruang kerja

Dengan mempersonalisasi ruang mereka sendiri denganbarang-barang yang mencerminkan minat mereka atau membuat mereka tetap terlibat dan santai.

Karena itu, ketika merancang kantor Anda, cobalah untuk mengingat hal ini dan berikan ruang untuk personalisasi karyawan.

Dorong pergerakan dari ruang ke ruang

Ketika anggota tim dapat berinteraksi secara semi-reguler melalui gerakan organik, mereka mungkin menemukan kolaborasi dan pembangunan budaya lebih mudah diakses.

Oleh karena itu, rencana kantor Anda harus mendorong pergerakan dari ruang ke ruang. Untuk melakukan ini, Anda dapat mencoba mengatur furnitur dengan cara yang memfasilitasi interaksi kolega.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/10/24/102154621/tips-desain-kantor-yang-bikin-karyawan-produktif

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke