Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kolam Retensi Andir Akan Dihijaukan

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono minta agar Kolam Retensi Andir di Kelurahan Andir, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat dihijaukan.

Menurutnya, pembangunan infrastruktur pengendali banjir yang sudah selesai perlu diperhatikan aspek estetika dan diperbanyak tanamannya.

Kolam retensi ini dirancang sebagai tampungan air pengendali banjir yang biasa menggenangi wilayah Bandung Selatan seperti Dayeuhkolot dan Baleendah.

Adapun saat ini pembangunan Kolam Retensi Andir telah selesai 100 persen dan sudah memberikan manfaat dalam penanggulangan banjir Sungai Citarum sesuai rencana.

Kolam Retensi Andir dibangun di lahan seluas 4,85 hektar dengan luas daerah tangkapan air 148,78 hektar dan volume tampungan hingga 160.000 meter kubik.

Kolam Retensi Andir dilengkapi 3 pompa berkapasitas 500 liter per detik untuk menyerap banjir, lalu dipompa kembali ke sungai setelah normal.

Kemudian terdapat empat polder yang juga sudah diselesaikan pembangunannya, meliputi Polder Cipalasari-1 dengan catchment area seluas 22 hektar dan volume tampungan 1.250 meter kubik.

Kemudian ada Polder Cipalasari-2 dengan catchment area 21 hektar dan volume 1.250 meter kubik, Polder Cijambe 137 hektar dan volume 1.250 meter kubik, dan Polder Cisangkuy 7,8 hektar dan volume 450 meter kubik.

Kolam Retensi Andir dan keempat polder tersebut dibangun oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air Kementerian PUPR, bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat.

Pembangunannya dilaksanakan oleh kontraktor PT Adhi Karya sejak Desember 2020 dan selesai pada 2021 dengan nilai kontrak konstruksi Rp 141 miliar.

Kepala BBWS Citarum Bastari mengatakan infrastruktur tadi telah memberikan manfaat mengurangi daerah genangan banjir di Kecamatan Dayeuhkolot dan Baleendah dari semula 242,6 hektar menjadi 32,3 hektar.

"Kalau dihitung kebermanfaatnya dapat melindungi genangan untuk 5.192 KK atau setara 15.973 jiwa, termasuk juga menjaga jalan kabupaten dan provinsi," papar Bastari.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/09/23/093000721/kolam-retensi-andir-akan-dihijaukan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke