Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Siap-siap, Tender Jalan Mamberamo-Elelim Senilai Rp 3,56 Triliun Digelar Kuartal IV

Direktur Pelaksanaan Pembiayaan Infrastruktur Jalan dan Jembatan Direktorat Jenderal (Ditjen) Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Kementerian PUPR Reni Ahiantini dalam sambutannya pada market sounding proyek tersebut, Selasa (6/9/2022).

"Skema pengembalian investasinya melalui availability payment (AP) dan direncanakan akan masuk tahap pelelangan Kuartal IV tahun 2022," kata dia.

Reni menuturkan, Jalan Trans Papua Ruas Jayapura-Wamena Segmen Mamberamo-Elelim memiliki nilai investasi sebesar Rp 3,562 triliun.

Jalan Trans Papua Ruas Jayapura-Wamena Segmen Mamberamo-Elelim merupakan proyek Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) solicited (diprakarsai Pemerintah).

Jalan tersebut nantinya dirancang membentang 50,14 kilometer dengan masa konsesi selama 15 tahun.

Kemudian, meningkatkan ketersediaan jaringan jalan, khususnya Jalan Trans Papua, yang merupakan bagian dari jalan non-tol di Papua dan menjadi tulang punggung regional di Papua.

Pembangunan Jalan Trans Papua juga akan meningkatkan pusat produksi lahan sumber daya alam (SDA) Indonesia yang merupakan sumber energi nasional.

"Hal tersebut menjadikan Jalan Trans Papua ini sebagai jalan arteri menjadi signifikan karena mendukung aktivitas dan fungsi perekonomian di Papua, khususnya ruas Jayapura-Wamena," tutupnya.

Selain jalan, Pemerintah juga membangun 29 jembatan di ruas Merauke-Sorong, Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat.

Jembatan ini merupakan bagian dari kelanjutan program Jalan Trans-Papua yang akan membuka keterisolasian wilayah dan meningkatkan konektivitas antar kabupaten/kota di provinsi tersebut.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/09/06/133000921/siap-siap-tender-jalan-mamberamo-elelim-senilai-rp-3-56-triliun-digelar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke