Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Gedung Berbentuk Unik di Bangkok, Mulai dari Robot hingga Gajah

Sebagai kota modern, lanskap kota Bangkok kerap dijadikan lahan bermain para arsitek untuk mewujudkan konsep arsitektur yang unik.

Tak heran, jika di Bangkok Anda bisa melihat pemandangan gedung yang tak biasa mulai dari yang berbentuk robot hingga gajah.

Berikut 5 bentuk gedung pencakar langit di Bangkok dengan bentuk super unik seperti dikutip dari Fresh Bangkok.

1. Robot Building

Jika Anda berpikir bahwa Robot Building merupakan gedung untuk perusahaan robot, maka Anda salah besar.

Robot Building adalah kantor pusat salah satu bank di Thailand yakni United Overseas Bank yang berlokasi di 191 South Sathorn Road di Distrik Sathorn, Bangkok.

Sebelumnya, gedung ini merupakan miliki Bank of Asia yang kemudian diakuisisi oleh United Overseas Bank pada tahun 2005.

Bangunan ini dirancang oleh arsitek Thailand Sumet Jumsai. Ia diminta oleh pihak Bank of Asia untuk mendesain kantor pusat yang akan mencerminkan komputerisasi perbankan.

Untuk waktu yang lama, Sumet berjuang untuk membuat desain yang cocok. Tapi kemudian putranya masuk ke ruang kerjanya membawa robot mainan, dan inspirasi pun muncul. Gedung ini selesai dibangun pada tahun 1987 dan memiliki 20 lantai.

2. MahaNakhon

Bila dilihat dari jauh, supertall ni terlihat memiliki piksel yang berputar di sepanjang fasad bangunan yang terbuat dari kaca.

Desainnya sendiri dikerjakan oleh arsitek asal Jerman, Ole Scheeren untuk menggambarkan ambisi dan kegembiraan salah satu kota paling dinamis di dunia.

3. G Tower

Seperti namanya, G Tower atau menara G merupakan gedung yang berbentuk seperti huruf G raksasa. Huruf G dipilih sebagai bentuk gedung karena dulunya dimiliki oleh G Land.

Proyek ini merupakan kompleks perkantoran dengan perkiraan ruang seluas 66.000 meter persegi. Sekarang G Tower dimiliki oleh Pattana Center.

Dirancang oleh Urban Architects dan KSC & Associates, kompleks perkantoran ini dikenal dengan arsitektur kantilevernya yang unik.

Menara ini dibangun dengan baja berkekuatan tinggi di bagian atas, dan menara selatan yang memiliki kemiringan delapan derajat.

4. Sathorn Unique Tower

Meskipun secara teknis belum selesai dibangun, proyek bangunan ini sangat populer dan merupakan pengingat dari terjadinya krisis ekonomi di Asia tahun 1997.

Awalnya menara Sathorn akan dijadikan sebagai kompleks perumahan mewah. Namun proyek tersebut tak lagi dilanjutkan.

Bangunan ini dirancang dan dikembangkan oleh arsitek Rangsan Torsuwan.Proyek ini diluncurkan pada tahun 1990 dan dimiliki oleh Sathorn Unique Co. Ltd.

Sebagian besar biayanya akan ditangani oleh Thai Mex Finance and Securities Company. Konstruksi dimulai pada tahun yang sama dengan Si Phraya Co. Ltd. sebagai kontraktor utama yang bertanggung jawab.

Pada tahun 1993, Rangsan ditangkap karena diduga merencanakan pembunuhan terhadap Presiden Mahkamah Agung, Praman Chansue.

Meskipun Rangsan bebas tahun 2010, namun, kasus tersebut sangat mengganggu kemampuan Rangsan untuk mendapatkan dukungan keuangan untuk proyek-proyeknya, dan pembangunan Sathorn Unique tak lagi dilanjutkan.

Kini gedung tersebut telah menjadi bangunan terbengkalai dan tampak seram di malam hari karena tak memiliki penerangan yang memadai.

5. Elephant Tower

Sesuai namanya, gedung yang berlokasi di Paholyothin Road dan Ratchadaphisek Road jni memiliki desain menyerupai gajah raksasa.

Bangunan ini menawarkan kombinasi elemen terutama menara tempat tinggal, kantor, dan kompleks perbelanjaan!

Gedung ini dirancang atas prakarsa pakar real estat, Arun Chaisaree dan arsitek Ong-ard Satrabhandhu.

Gedung Gajah, juga dikenal sebagai Gedung Chang, selesai dibangun pada tahun 1997. Gedung ini terdiri dari tiga menara (A, B, dan C) yang disatukan di bagian atas oleh jalur horizontal suite hunian.

Dua menara berbentuk seperti kaki gajah. Sedangkan menara yang ketiga mewakili belalainya, di mana terdiri atas 32 lantai.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/08/15/113000321/5-gedung-berbentuk-unik-di-bangkok-mulai-dari-robot-hingga-gajah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke