Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini 10 Bandara Terbesar di Dunia

Infrastruktur perjalanan ini dibangun dengan kapasitas yang besar dan mewah untuk bisa menampung puluhan ribu orang serta memberikan fasilitas yang aman dan super nyaman.

Bandara mencakup beberapa jenis terminal keberangkatan. Mulai dari keberangkatan domestik hingga internasional.

Berbeda dengan terminal dan stasiun, luas bandara bahkan bisa mencapai puluhan kali lipat dari keduanya.

Hal itu karena infrastruktur bandara tidak hanya mencakup hub penerbangan, tetapi juga landasan pacu dan fasilitas lainnya.

1. Bandara Internasional King Fahd (DMM) 

Bandara International King Fahd merupakan bandara terbesar urutan pertama di dunia dengan luas mencapai 776 kilometer persegi.

Bandara ini dikenal juga sebagai bandara Dammam dan telah beroperasi sejak tahun 1999.

Bandara ini jadi hub utama untuk Saudia Arabian Airlines, Flynas SaudGuld Airlines dan Aramco Aviation.

Bandara Dammam memiliki dua landasan pacu dan tiga terminal yaitu terminal utama enam lantai yang khusus untuk penerbangan internasional dan domestik, terminal Aramco yang melayani maskapai penerbangan swasta yang dioperasikan oleh Saudi Aramco.

Selanjutnya, Royal Terminal yang khusus melayani keluarga kerajaan Arab Saudi, tamu resmi dan pejabat pemerntah.

2. Bandara Internasional Denver (DEN) 

Bandara Internasional Denver merupakan bandara terbesar kedua di dunia dan terluas pertama di Amerika Serikat dengan luas mencapai 135,7 kilometer persegi.

Bandara ini beroperasi sejak tahun 1995 dan merupakan hub penerbangan utama untuk maskapai United Airlines dan Frontier Airlanes dan Shoutwest Airlines (LUV).

Bandara Denver hanya memiliki satu terminal yang terhubung ke berbagai jenis penerbangan baik internasional dan domestik.

Bandara ini juga memiliki sebanyak enam landasan pacu.

3. Bandara Internasional Dallas/Fort Worth (DFW) 

Bandara Internasional Dallas/Fort Worth resmi beroperasi sejak tahun 1974. Bandara ini merupakan pusat penerbangan utama untuk maskapai American Airlines A1G (AAL).

Bandara Dallas memiliki lima terminal di dalamnya. Terminal A digunakan untuk penerbangan khusus maskapai American Airlines A1G (AAL).

Sementara terminial B, C, D, dan E digunakan untuk melayani penerbangan internasional dan domestik.

Selain itu, terdapat 7 landasan pacu yang dimiliki bandara ini. Bandara DWF juga menjadi satu-satunya bandara di dunia dengan empat landasan pacu beraspal yang dapat digunakan lebih dari 4.000 meter.

4. Bandara Internasional Washington Dulles (IAD)

Bandara Internasional Washington Dulles, biasanya dikenal sebagai Bandara Internasional Dulles memiliki luas 52,6 kilometer persegi.

Bandara ini telah beroperasi sejak tahun 1962 dan merupakan hub pertama dari maskapai United Airlines.

Bandara Dulles memiliki empat landasan pacu dan tiga terminal yaitu terminal utama untuk penerbangan internasional dan dua terminal sisanya untuk domestik.

5. Bandara Internasional Orlando (MCO) 

Bandara Bandara Internasional Orlando memiliki luas 50,9 kilometer persegi dan telah beroperasi sejak tahun 1981.

Bandara Orlando adalah hub penerbangan utama untuk maskapai JetBlue (JBLU), Southwest Airlines (LUV) dan Spirit Airlines (S64) (SAVE).

Bandara Orlando memiliki terminal utama yang dibagi menjadi dua terminal, A dan B.

Masing-masing terhubung ke dua terminal sisi udara, yang mengoperasikan penerbangan internasional dan domestik. Bandara ini memiliki empat landasan pacu.

6. Bandara Internasional Beijing Daxing (PKX) 

Bandara Daxing Beijing, berada di urutan ke-6 dalam daftar bandara terbesar di dunia dengan luasnya mencapai 47 kilometer persegi. 

Bandara ini dibuka pada tahun 2019 dan telah menjadi pusat penerbangan utama bagi tiga maskapai besar yaitu Air China, China Southern Airlines (ZNH) dan China Eastern Airlines (CIAH) (CEA).

Bandara Daxing hanya memiliki satu terminal. Namun, terminal ini adalah terminal bangunan tunggal terbesar di dunia, memiliki lima concourse dan tampak seperti bintang laut dari langit.

Bandara dengan bangunan menyerupai "bintang laut" ini memiliki empat landasan pacu.

7. Bandara Antarbenua George Bush (IAH) 

Bandara seluas 40,5 kilometer persegi ini awalnya bernama "Bandara Antarbenua Houston" dan telah dibuka pada tahun 1969.

Bandara Antarbenua George Bush saat ini berfungsi sebagai hub penerbangan terbesar kedua untuk maskapai United Airlines.

Bandara George Bush memiliki lima terminal. Terminal A, B, C, D, dan E melayani operasi domestik dan internasional. Bandara ini memiliki lima landasan pacu.

8. Bandara Internasional Pudong Shanghai (PVG) 

Bandara Internasional Pudong Shanghai memiliki luas 39,1 kilometer persegi dan telah beroperasi sejak tahun 1999.

Bandara Pudong Shanghai adalah pusat penerbangan utama untuk maskapai Shanghai Airlines dan China Eastern Airlines (CIAH) (CEA).

Bandara Pudong memiliki dua terminal penumpang utama. Terminal 1 dan Terminal 2 mengoperasikan penerbangan domestik dan internasional.

Terminal ketiga telah direncanakan sejak 2015, selain terminal satelit dan dua landasan pacu tambahan. Bandara Pudong saat ini memiliki empat landasan pacu.

9. Bandara Internasional Kairo (CAI)

Bandara Internasional Kairo memiliki luas 36,3 kilometer persegi dan telah memulai aktivitasnya pada tahun 1945.

Bandara yang terletak di Heliopolis, merupakan bandara tersibuk di Mesir dan hub utama untuk Egypt Air dan Nile Air.

Bandara Internasional Kairo memiliki empat terminal. Tiga terminal utama melayani penerbangan internasional dan domestik.

Pada tahun 2011, terminal baru yang disebut Terminal Penerbangan Musiman (SFT) mulai beroperasi.

Tujuan utama terminal SFT adalah untuk meringankan beban operasional di terminal eksisting selama musim haji. Bandara ini memiliki dua landasan pacu.

10. Bandara Internasional Suvarnabhumi (BKK) 

Bandara Internasional Suvarnabhumi dikenal sebagai bandara internasional terbesar di kawasan Asia Tenggara. Bandara ini memiliki luas 32,4 kilometer persegi. 

Setelah beroperasi pada tahun 2006, bandara ini saat ini menjadi hub utama bagi Thai Airways, Thai Smile, Bangkok Airways, dan Thai VietJet.

Suvarnabhumi memiliki tiga terminal utama. Terminal 1 dan Terminal 2 menangani penerbangan internasional, sedangkan Terminal 3 hanya melayani operasi domestik.
Bandara ini memiliki dua landasan pacu paralel.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/01/03/070000221/ini-10-bandara-terbesar-di-dunia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke