Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kereta Bagasi Sepeda Non-Lipat Hadir di Sumbar

Vice President KAI Divre II Sumatra Barat (Sumbar) Miming Kuncoro mengatakan fasilitas gebong sepeda non lipat terdapat pada KA Sibinuang yang melayani rute Padang-Pariaman-Naras (PP) dengan kapasitas 12 sepeda dalam satu kali perjalanan.

Menurut dia, inovasi ini hadir setelah diskusi panjang dengan Wakil Gubernur Audy Joinaldy dan Wali Kota Pariaman.

"Sekarang cukup penghobi sepeda di Sumbar yang selain ingin berolahraha juga ingin berwisata. Kita menghadirkan gerbong sepeda non lipat ini untuk merespon hal itu," Miming dalam keterangannya seperti dikutip Antaranews.com, Minggu (21/11/2021)

Sementara dilansir melalui laman instagram @keretaapikita dijelaskan, bagi masyarakat yang ingin menikmati fasilitas tersebut tinggal menambahkan pemesanan bagasi sepeda saat memesan tiket KA Sibinuang melalui aplikasi KAI access versi terbaru.

Fasilitas kereta bagasi sepeda non lipat di KA Sibinuang ini diberikan secara gratis dan merupakan yang pertama di Indonesia pada layanan KA Lokal.

"Bagasi tidak dikenai biaya tambahan. Jadi cukup membayar sesuai tarif tiket," ujar Miming. 

Sebelum inovasi tersebut diluncurkan secara resmi, PT KAI Divre II Sumbar telah melakukan uji coba dengan pengangkutan enam sepeda dari Stasiun Padang menuju Pariaman dan delapan sepeda dari Pariaman menuju Padang.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy mengapresiasi inovasi fasilitas sepeda non lipat di gerbung KA Lokal yang disediakan karena akan sangat mendukung dalam pengembangan pariwisata daerah.

"Apalagi kalau nanti rencana reaktivasi seluruh jalur kereta api di Sumbar bisa terealisasi. Ini akan sangat luar biasa," katanya.

Menurutnya akses layanan kereta api di Sumbar memang harus bisa menghadirkan sebuah inovasi yang bisa menarik minat masyarakat memanfaatkan layanan transportasi massal tersebut.

"Karenanya mari berwisata ke Pariaman dengan sepeda menggunakan gerbong sepeda non lipat PT KAI," tuntas Audy.

https://www.kompas.com/properti/read/2021/11/21/210000721/kereta-bagasi-sepeda-non-lipat-hadir-di-sumbar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke