Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lintasan Balap MotoGP The Mandalika Mulai Diaspal

Pengaspalan lintasan yang disebut Jalan Kawasan Khusus (JKK) sepanjang 4,31 kilometer itu dilakukan pada Jumat (26/2/2021).

Kegiatan pengaspalan pertama ini menandai semakin dekatnya penyelesaian pembangunan JKK di The Mandalika.

Pengaspalan lapisan pertama (AC-Base) JKK dimulai di lintasan sepanjang 390 meter dan akan dilanjutkan ke panjang lintasan selanjutnya dan ditargetkan rampung pada Maret 2021.

Setelah itu dilanjutkan dengan lapisan kedua (AC-Binder) hingga lapisan terakhir (Surface SMA).

Aspal lapisan pertama (AC-Base) ini diproses menggunakan Asphalt Mixing Plant (AMP) yang dibangun PT PP (Persero) Tbk di area site facility untuk proyek JKK.

AMP yang digunakan adalah Lintec seri CSD 3000 berkapasitas maksimal 240 ton per jam, dan saat ini merupakan AMP dengan kapasitas terbesar yang ada di Indonesia.

Sebagai informasi, AMP adalah alat untuk memproduksi aspal yang akan digunakan untuk lapisan aspal dasar hingga akhir, yaitu mulai AC-Base, AC-Binder, hingga Surface SMA.

Direktur Operasi dan Inovasi Bisnis Indonesia Tourism Development Corporation ITDC Arie Prasetyo mengatakan, kegiatan pengaspalan lapisan pertama lintasan JKK telah dimulai sesuai jadwal kerja yang telah ditetapkan.

"Target rampung pada bulan Maret, dan akan dilanjutkan dengan pengaspalan lapisan kedua dan terakhir pada tiga bulan selanjutnya. Kami optimistis pembangunan JKK dapat selesai sesuai dengan target dan homologasi dapat dilaksanakan pada pertengahan tahun ini," tutur Arie dalam siaran pers yang dikutip Kompas.com, Senin (1/3/2021).

Arie menjelaskan, proyek ini juga merupakan pembangunan sirkuit jalan untuk arena MotoGP dengan masa konstruksi tercepat di dunia.

Guna memastikan kualitas pengaspalan dan penyelesaian sesuai target, ITDC memantau perkembangan dan progres harian secara ketat melalui Mandalika Grand Prix Association (MGPA).

MGPA adalah unit usaha ITDC yang secara khusus mengelola JKK, termasuk melakukan pemantauan perkembangan pembangunan, perawatan, dan penyelenggaraan event yang akan digelar di area tersebut.

"Kami juga berharap kita semua terus menunjukkan semangat dalam mempersiapkan diri menjadi tuan rumah IndonesianGP 2021,” tutup Arie.

Perlu diketahui, ITDC memperoleh hak untuk mengembangkan dan mengelola kawasan pariwisata di The Mandalika di Lombok Tengah, NTB, dengan luas 1.175 hektar.

The Mandalika memiliki 16 kilometer garis pantai yang indah dan dikelilingi bukit-bukit yang hijau, serta merupakan satu dari 10 destinasi pariwisata prioritas atau "Bali Baru" yang ditetapkan Pemerintah.

https://www.kompas.com/properti/read/2021/03/01/103000221/lintasan-balap-motogp-the-mandalika-mulai-diaspal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke