Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tanda Adanya Tungau Debu di Kasur yang Perlu Diketahui

Kompas.com - 28/03/2024, 08:19 WIB
Bella Nurmaya Putri,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tungau debu adalah makhluk mikroskopis berukuran sangat kecil yang hidup di lingkungan hangat dan lembap, seperti kasur, bantal, karpet, dan furnitur yang jarang digunakan.

Menurut Rebecca Swain, pakar kasur di Winstons Beds, mengatakan jika Anda mengalami gatal-gatal yang tidak terkendali tanpa ada bekas gigitan, kemungkinan besar terdapat sekelompok tungau debu di kasur atau tempat tidur.  

Baca juga: 6 Cara Membasmi Tungau Debu dari Tempat Tidur

Tungau debu biasanya mendapat nutrisi dari memakan darah dan sel kulit mati manusia dan hewan peliharaan serta makanan yang terjatuh di kasur. 

Kotoran dan tubuh tungau debu yang mati juga dapat menjadi alergen, yang memicu reaksi alergi, seperti bersin, hidung tersumbat, mata gatal, batuk, serta iritasi kulit.

Selain itu, paparan terhadap alergen tungau debu dapat memperburuk gejala asma dan menyebabkan gangguan pernapasan, terutama pada mereka yang memiliki penyakit tersebut. 

Sayangnya, banyak orang tidak menyadari keberadaan tungau debu di kasur karena ukurannya sangat kecil. Keberadaan tungau debu baru disadari saat sudah muncul reaksi alerginya.

Dilansir dari Tom’s Guide, Kamis, (28/3/2024), berikut enam tanda adanya tungau debu di kasur

Baca juga: 6 Cara Membasmi Tungau Debu dari Rumah

Tidur menjadi tidak nyaman

Menurut American Lung Association, tungau debu bisa memicu alergi dan menyebabkan masalah pernapasan, seperti asma.

Hal ini dapat menyebabkan kesulitan bernapas dan gejala seperti flu, di antaranya hidung tersumbat atau pilek yang membuat tidur terganggu, bahkan mendengkur.

Jika merasa gejal tersebut lebih sering terjadi pada malam hari, kemungkinan Anda terpapar tungau kasur.

Kulit gatal

Selanjutnya, tanda adanya tungau debu di kasur adalah kulit gatal. Tungau debu telah menetap di tempat tidur Anda, baik bantal, guling, selimut, maupun benda lembut lainnya di kasur.

Tungau debu biasanya mengonsumsi sel-sel kulit mati di kasur sehingga penting  membersihkan kasur secara rutin dengan suhu 60 derajat Celsius untuk mencegah infestasi.

Tungau kasur tidak dapat bertahan hidup tanpa kelembapan di udara atau di perabotan lembut. 

Karena itu, disarankan merapikan tempat tidur pada pagi hari dan mempertahankan jendela terbuka untuk menjaga tingkat kelembapan tetap rendah. 

Baca juga: 7 Cara Membasmi Tungau Debu dari Rumah, Bikin Sehat dan Bebas Alergi

Bersin-bersin saat tidur

Alergi terhadap tungau kasur memiliki gejala yang mirip dengan demam atau pilek. Jika Anda sering bersin-bersin saat berada di kasur, terutama pada malam hari, ini bisa menandakan adanya tungau debu di tempat tidur. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com