Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Digunakan, Warna Seprai Ini Dapat Menarik Kutu Busuk ke Kasur

Kompas.com - 18/03/2024, 07:30 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kutu busuk adalah salah satu serangga yang sering menyerang rumah dan paling ditakuti. 

Kutu busuk adalah serangga kecil berwarna coklat kemerahan yang memakan darah manusia serta menggigit hewan peliharaan di rumah. 

Baca juga: 7 Cara Mencegah Kehadiran Kutu Busuk di Rumah

Serangga berukuran sebesar biji apel dan memiliki tubuh pipih berbentuk oval. Meski tidak diketahui dapat menularkan penyakit, gigitan kutu busuk bisa sangat gatal dan tidak nyaman.

Selain itu, kutu busuk dapat menyebabkan insomnia dan kecemasan tidur. Kutu busuk tidak hanya sulit dibasmi, tetapi juga sangat mahir bersembunyi pada siang hari, kemudian aktif dan menyerang Anda pada malam hari.

Biasanya, kutu busuk sering menyerang tempat tidur atau kasur. Hal ini karena kasur memberikan kehangatkan dan kondisinya yang gelap—kondisi yang menyediakan lingkungan yang ideal untuk kutu busuk berkembang biak.

Meski memeriksa tempat tidur secara teratur merupakan ide bagus, rupanya menggunakan warna seprai gelap dapat menarik kutu busuk untuk datang. 

Baca juga: Cara Membasmi Kutu Busuk dengan Minyak Esensial Lavender

Warna seprai yang dapat menarik kutu busuk ke kasur

Ilustrasi seprai warna coklat tua.SHUTTERSTOCK/LIGHTFIELD STUDIOS Ilustrasi seprai warna coklat tua.
Dilansir dari House Digest, Senin (18/3/2024), sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kutu busuk diberi pilihan tempat persembunyian dengan warna seprai berbeda.

Walhasil, warna seprai yang dapat menarik kutu busuk ke kasur adalah hitam atau merah. Kutu busuk banyak memilih seprai merah atau hitam sehingga menunjukkan kecenderungan memilih warna yang lebih gelap.

Para peneliti menguji keberpihakan pigmen kutu busuk dengan menempatkannya di piring berisi kertas berwarna.

Setelah 10 menit, mereka menemukan sebagian besar kutu busuk berkumpul di bawah tenda merah dan hitam, sementara lebih sedikit yang memilih tenda putih dan kuning. 

Baca juga: Cara Membersihkan Kasur yang Benar agar Bebas dari Kutu Busuk

Salah satu alasannya adalah kutu busuk dapat dengan mudah berkamuflase dalam warna merah dan hitam, lalu menyatu sempurna dengan lingkungan sekitarnya.

Bayangannya juga menyerupai keadaan kutu busuk yang cukup makan, penuh darah, dan berpotensi membantu serangga ini bersembunyi lebih baik.

Hal ini membuat kutu busuk lebih sulit dikenali predator, seperti laba-laba dan manusia, yang ingin membasmi kutu busuk. 

Selain itu, sebagai makhluk nokturnal, kutu busuk tumbuh subur di kegelapan. Tak heran, seprai berwarna lebih gelap, seperti hitam dan merah, menawarkan perlindungan yang aman dari silaunya cahaya serta potensi ancaman. 

Baca juga: 6 Tanda Ada Kutu Busuk di Tempat Tidur dan Cara Mencegahnya

Mengganti warna seprai tidak akan mencegah kutu busuk

Ilustrasi kutu busuk. Populasi kutu busuk di Singapura dilaporkan meningkat.SHUTTERSTOCK/DMITRY BEZRUKOV Ilustrasi kutu busuk. Populasi kutu busuk di Singapura dilaporkan meningkat.
Kutu busuk tertarik pada manusia melalui kehangatan, karbon dioksida, dan darah manusia sehingga warna seprai tidak secara langsung mempengaruhi seberapa tertariknya kutu busuk pada Anda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com