Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/03/2024, 14:42 WIB
Bella Nurmaya Putri,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Tru Earth

JAKARTA, KOMPAS.com - Celana berbahan corduroy menjadi salah satu pilihan populer di kalangan pencinta fashion karena tampilannya yang klasik dan nyaman dipakai.

Bahan corduroy dikenal memiliki tampilan unik dengan tekstur garis-garis vertikal yang menonjol, bertumpuk, dan tegak lurus atau wale

Baca juga: Seberapa Sering Harus Mencuci Celana Jeans? Perhatikan Hal Ini

Celana corduroy memberikan tampilan yang kasual, tapi tetap stylish, dan nyaman dikenakan untuk berbagai aktivitas sehari-hari, seperti pergi ke kantor, belanja, atau jalan-jalan.

Selain itu, celana corduroy memiliki daya tahan yang baik sehingga dapat bertahan lama dan cocok digunakan pada segala musim, baik musim panas maupun hujan, karena bahannya tidak begitu tebal. 

Namun, perlu diperhatikan, celana corduroy memerlukan pencucian dan perawatan khusus untuk tetap menjaga kualitas serta tahan lama. 

Dilansir dari Tru Earth, Jumat, (25/3/2024), berikut lima cara merawat celana corduroy agar tahan lama.  

Baca juga: Antiluntur, Ini Cara Mencuci Celana Jeans Hitam

Memilih metode pencucian yang tepat

Ilustrasi celana corduroy.Shutterstock/Santi S Ilustrasi celana corduroy.
Langkah awal merawat celana corduroy adalah memastikan metode pencucian yang tepat. Penting memeriksa label perawatan pada celana corduroy untuk mengetahui instruksi pencucian yang tepat.

Ikuti saran pencucian pada label celana corduroy. Kebanyakan bahan corduroy lebih aman dicuci dengan tangan atau mesin cuci dengan pengaturan lembut.

Hindari menggunakan air panas karena dapat merusak serat corduroy dan menyebabkan penyusutan.

Balikkan celana corduroy sebelum memasukkannya ke mesin cuci untuk membantu melindungi permukaan luar celana dari dinding tabung mesin cuci.

Selain itu, hindari memuat mesin cuci dengan terlalu banyak pakaian agar celana corduroy memiliki ruang ukup untuk bergerak secara bebas selama proses pencucian.

Perlu diperhatikan, jika label tertulis "hanya cuci kering", sebaiknya bawa celana corduroy ke layanan pencucian kering profesional untuk mencegah kerusakan. 

Baca juga: Antikusut, Ini 4 Cara Menggantung Celana yang Tepat

Menggunakan detergen yang lembut

Selanjutnya, cara merawat celana corduroy adalah menggunakan detergen yang lembut dan cocok untuk pakaian berbahan sensitif.

Hindari detergen yang mengandung pemutih atau bahan kimia agresif lainnya karena dapat merusak warna serta tekstur celana corduroy. 

Hindari pengeringan yang berlebih

Setelah selesai mencuci celana corduroy, seka perlahan sisa air dari celana dengan handuk kering tanpa memeras atau memelintir kain.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com