Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Merawat Celana Corduroy agar Tahan Lama

Bahan corduroy dikenal memiliki tampilan unik dengan tekstur garis-garis vertikal yang menonjol, bertumpuk, dan tegak lurus atau wale. 

Celana corduroy memberikan tampilan yang kasual, tapi tetap stylish, dan nyaman dikenakan untuk berbagai aktivitas sehari-hari, seperti pergi ke kantor, belanja, atau jalan-jalan.

Selain itu, celana corduroy memiliki daya tahan yang baik sehingga dapat bertahan lama dan cocok digunakan pada segala musim, baik musim panas maupun hujan, karena bahannya tidak begitu tebal. 

Namun, perlu diperhatikan, celana corduroy memerlukan pencucian dan perawatan khusus untuk tetap menjaga kualitas serta tahan lama. 

Dilansir dari Tru Earth, Jumat, (25/3/2024), berikut lima cara merawat celana corduroy agar tahan lama.  

Ikuti saran pencucian pada label celana corduroy. Kebanyakan bahan corduroy lebih aman dicuci dengan tangan atau mesin cuci dengan pengaturan lembut.

Hindari menggunakan air panas karena dapat merusak serat corduroy dan menyebabkan penyusutan.

Balikkan celana corduroy sebelum memasukkannya ke mesin cuci untuk membantu melindungi permukaan luar celana dari dinding tabung mesin cuci.

Selain itu, hindari memuat mesin cuci dengan terlalu banyak pakaian agar celana corduroy memiliki ruang ukup untuk bergerak secara bebas selama proses pencucian.

Perlu diperhatikan, jika label tertulis "hanya cuci kering", sebaiknya bawa celana corduroy ke layanan pencucian kering profesional untuk mencegah kerusakan. 

Menggunakan detergen yang lembut

Selanjutnya, cara merawat celana corduroy adalah menggunakan detergen yang lembut dan cocok untuk pakaian berbahan sensitif.

Hindari detergen yang mengandung pemutih atau bahan kimia agresif lainnya karena dapat merusak warna serta tekstur celana corduroy. 

Hindari pengeringan yang berlebih

Setelah selesai mencuci celana corduroy, seka perlahan sisa air dari celana dengan handuk kering tanpa memeras atau memelintir kain.

Selagi masih lembap, bentuk kembali celana corduroy sesuai ukuran aslinya dengan memberikan perhatian khusus pada bagian walesnya.

Kemudian, letakkan celana corduroy secara mendatar di atas handuk bersih atau rak pengering untuk menghindari meregangnya kain serta tetap menjaga bentuknya saat mengering.

Selain itu, hindari mengeringkan celana corduroy di bawah sinar matahari langsung. Sebaiknya, mempatkan celana corduroy di tempat teduh dan biarkan mengering secara alami untuk mencegah warna memudar atau kerusakan pada serat kain. 

Menyetrika celana dengan tepat

Cara merawat celana corduroy agar tahan lama berikutnya adalah menyetrika celana dengan tepat. 

Langkah tepat menyetrika celana corduroy adalah membalikkan bagian dalam celana untuk melindungi walesnya.

Gunakan pengaturan suhu rendah dan letakkan kain tebal di atasnya untuk melindungi tekstur corduroy.

Anda juga dapat menggunakan pengaturan uap pada setrika untuk membantu menghilangkan kerutan tanpa sentuhan panas setrika secara langsung. 

Tangani noda dengan cermat

Terakhir, cara merawat celana corduroy adalah menangani noda dengan cermat. Untuk menerapkan perawatan tepat pada celana corduroy, penting melakukan penanganan noda dengan tepat.

Saat celana corduroy tidak sengaja terkena noda, segera hilangkan noda sebisa mungkin agar tidak menempel secara permanen pada kain.

Caranya, gunakan kain bersih yang telah direndam sedikit dengan air hangat, kemudian usap noda secara lembut dengan kain tersebut. 

Namun, hindari menggosok terlalu keras agar noda tidak meresap lebih dalam ke serat bahan. 

https://www.kompas.com/homey/read/2024/03/25/144200676/5-cara-merawat-celana-corduroy-agar-tahan-lama

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke