Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ide Dekorasi Rumah Retro yang Cantik dan Menawan

Kompas.com - 25/03/2024, 13:55 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah bergaya retro masih banyak disukai karena cantik dan nyaman. Ciri rumah retro yaitu menggunakan warna dan pola yang cerah, serta furnitur ala tahun 60-an dan 70-an. 

Meski menggunakan dekorasi bergaya vintage, rumah retro tetap terlihat mewah dan elegan. Selain cantik, rumah retro juga nyaman saat ditempati. 

Baca juga: 5 Tips Mendekor Rumah Bergaya Retro dengan Sentuhan Modern

Untuk membuat rumah bergaya retro tidaklah sulit. Dilansir dari Homes and Gardens, Senin (25/3/2024), berikut ide dekorasi rumah retro yang cantik dan menawan. 

Gunakan furnitur abad pertengahan

ilustrasi dapur retroShutterstock/Pixel-Shot ilustrasi dapur retro

Cara termudah untuk memasukkan gaya retro yaitu dengan menghadirkan beberapa furnitur bergaya modern abad pertengahan. 

Contoh furnitur abad pertengahan seperti kursi berlengan atau bufet yang akan menambah kesan retro di rumah. 

Baca juga: Furnitur Retro Bakal Kembali Populer untuk Dekorasi Rumah

Pilih tempat duduk yang rendah

Ide dekorasi rumah retro lainnya yaitu dengan meletakkan tempat duduk rendah. Tempat duduk ini bisa memberikan kesan kasual dan menambah nuansa retro di ruangan. 

Tempat duduk rendah bisa ditempatkan di ruang tamu. Kursi ini akan membuat ruang tamu terasa lebih nyaman. 

Pilih warna yang terinspirasi dari gaya retro

Cara lain untuk menampilkan gaya retro di rumah yaitu dengan menghias menggunakan warna-warna retro seperti merah, oranye, biru, merah muda, dan ungu. 

Selain warna-warna tersebut, desainer interior Nina Lichtenstein juga menyarankan untuk menggunakan warna retro yang kalem seperti hijau alpukat atau kuning mustard di dinding atau bantal. 

Warna tersebut akan memberikan kesan halus dan nyaman. Selain digunakan untuk mengecat dinding, dua warna tersebut juga bisa ditampilkan pada wallpaper dinding. 

Baca juga: 7 Warna Retro yang Kembali Jadi Tren Desain Interior, Apa Saja?

Gunakan warna kayu yang kaya

Selain warna retro, warna kayu yang kaya juga bisa ditampilkan pada rumah bergaya retro. Warna kayu bisa ditampilkan di lantai, panel dinding, atau furnitur yang akan menciptakan kesan membumi di ruangan. 

Jangan ragu untuk memadukan kayu gelap dengan kayu yang lebih terang atau hangat. Selain memadukan dengan kayu terang, warna kayu gelap jua bisa dikombinasikan dengan bahan alami lain seperti anyaman dan rotan. 

Tampilkan motif geometris

Ilustrasi furnitur bermotif vintagePIXABAY/SVKLIMKIN Ilustrasi furnitur bermotif vintage

Dekorasi dengan pola dan tekstur juga sering digunakan pada rumah bergaya retro. Nina Lichtenstein menyarankan untuk menggunakan karpet bermotif geometris untuk menambah kesan retro di rumah. 

Baca juga: 4 Cara untuk Menghias Hunian dengan Tema Retro

Karpet bermotif geometris cocok dipadukan dengan sofa lembut berwarna solid seperti biru tua. Kombinasi dua ornamen dekorasi ini membuat ruangan lebih nyaman dan cantik. 

Itulah beberapa ide rumah retro yang bisa menjadi inspirasi. Selain cantik dan elegan, rumah retro juga nyaman saat ditempati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com