Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Dibuang, Ini 6 Manfaat Kulit Kentang untuk Tanaman

Kompas.com - 01/06/2023, 11:39 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda memiliki sisa kentang berupa irisan, dan kulitnya, jangan langsung membuangnya. Pasalnya, ada beragam manfaat kulit kentang dan irisan kentang untuk tanaman.

Kulit kentang dapat digunakan sebagai bahan pembuatan kompos dan pupuk alami untuk tanaman. Selain itu, kulit kentang juga bisa membantu menjauhkan beberapa hama agar tidak menyerang tanaman Anda.

Dikutip dari Balcony Garden Web, Kamis (1/6/2023), berikut beberapa manfaat kulit kentang untuk tanaman, serta sisa irisan kentang.

Baca juga: Cara Menggunakan Pupuk ZA untuk Tanaman Cabai agar Panen Melimpah

Ilustrasi kulit kentang. Kulit kentang dapat dimanfaatkan untuk membuat kompos.PIXABAY/THOMAS G. Ilustrasi kulit kentang. Kulit kentang dapat dimanfaatkan untuk membuat kompos.

1. Sebagai bahan baku kompos

Kulit kentang, serta sisa sayuran lainnya, merupakan tambahan yang bagus untuk kompos. Kulit kentang tinggi nitrogen, yang membantu mempercepat proses dekomposisi.

Selain nitrogen, kulit kentang juga mengandung fosfor, kalium, dan kalsium yang semuanya penting untuk pertumbuhan tanaman.

2. Bisa digunakan sebagai pupuk tanaman

Kulit kentang dan air rebusan kentang berfungsi sebagai pupuk alami bagi tanaman. Air rebusan kentang mengandung nutrisi yang berharga seperti potasium, fosfor, dan nitrogen.

Rasio NPK yang tepat dapat bervariasi tergantung pada jenis kentang dan cara Anda menyiapkannya, tetapi umumnya berkisar antara 0,5-0,1-0,1 (N-P-K).

Baca juga: Cara Membuat Pupuk dari Kulit Pisang, Mudah Dilakukan

Kalium dalam air rebusan kentang penting untuk pertumbuhan tanaman. Ini membantu untuk mendorong perkembangan akar yang kuat dan ketahanan terhadap penyakit.

Sementara itu, fosfor sangat penting untuk perkembangan akar, pembentukan benih, dan fotosintesis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com