Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Pupuk Alami Buatan Sendiri untuk Menyuburkan Tanaman Sirih Gading

Kompas.com - 27/03/2023, 15:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pothos atau sirih gading adalah salah satu tanaman hias populer. Tanaman merambat ini banyak dijadikan hiasan ruangan atau teras rumah karena dapat ditanam di pot gantung.

Nah, jika Anda ingin membuat tanaman sirih gading lebih subur, maka berikan pupuk secara rutin. Anda pun disarankan menggunakan pupuk alami atau pupuk organik, yang dapat dibuat sendiri dengan mudah.

Dikutip dari Balcony Garden Web, Senin (27/3/2023), berikut beberapa pupuk alami untuk tanaman sirih gading agar lebih subur.

Baca juga: 6 Tanda Tanaman Kelebihan Pupuk, Daun Layu hingga Penumpukan Garam

Ilustrasi cangkang telur.UNSPLASH/JONATHAN KEMPER Ilustrasi cangkang telur.

1. Teh cangkang telur

Pupuk ini merupakan sumber kalsium yang sangat baik, yang membantu sirih gading memiliki struktur sel yang kuat, membuat tanaman subur dan hijau. Gunakan sebagai alternatif penyiraman rutin, sekali atau dua kali sebulan.

Anda membutuhkan 10 sampai 20 cangkang telur yang bersih dan kering. Jumlah cangkang telur tergantung pada seberapa kuat larutan yang ingin Anda buat.

Rebus cangkang telur yang dihancurkan dalam 3 liter air dan biarkan selama 24 jam.

Ini akan memberi cukup waktu bagi nutrisi tanaman yang tersedia di cangkang untuk meresap ke dalam air. Setelah itu, saring airnya, dan siap digunakan.

Baca juga: Cara Tepat Memberi Pupuk untuk Tanaman Cabai yang Baru Tumbuh

2. Air akuarium

Air akuarium adalah sumber fosfor, amonia, dan mineral lainnya yang sangat baik. Jika Anda tidak menggantinya selama lima hingga delapan hari, air akuarium menjadi kaya akan unsur-unsur penting, yang diperlukan untuk pertumbuhan tanaman dan membuat sirih gading mencapai warna hijau yang indah dengan pertumbuhan yang lebih cepat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com