Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/05/2023, 21:26 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada beberapa tanda mengetahui makanan basi atau busuk di kulkas, seperti pertumbuhan jamur, tekstur rusak, dan berbau.

Namun, hal ini tidak mudah untuk makanan yang disimpan atau dibekukan di freezerMembekukan makanan adalah cara terbaik memperpanjang umur makanan, mencegah makanan terbuang, serta menghemat pengeluaran.  

Baca juga: Berapa Lama Daging Ikan Salmon Bisa Disimpan di Kulkas dan Freezer?

Namun, berapa lama boleh membekukan makanan di freezer? Apakah nilai gizi makanan tersebut tetap terjaga?

Membekukan makanan dapat memperlambat proses pembusukan dengan membantu mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur.

Sayangnya, membekukan makanan terlalu lama di freezer dapat membuat rasanya menjadi tidak enak dan nilai gizinya menurun.

Untuk menjaga kesegaran dan kualitas makanan, berikut daftar usia penyimpanan makanan beku di freezer dikutip dari Forkly, Jumat (5/5/2023).  

Baca juga: Berapa Lama Daging Sapi Bisa Disimpan di Kulkas dan Freezer?

Makanan laut

Beberapa jenis ikan aman dikonsumsi penderita asam urat.FREEPIK/DASHU83 Beberapa jenis ikan aman dikonsumsi penderita asam urat.
Sebagian orang menyimpan makanan laut atau seafood sebagai suguhan istimewa lantaran beberapa di antaranya memiliki harga cukup mahal. 

Apa pun alasannya, penting memastikan menyimpan makanan laut dalam waktu tepat di dalam freezer.

Misalnya, ikan yang dilapisi tepung roti dan sudah dimasak dapat disimpan di freezer selama empat hingga enam bulan. Sedangkan ikan asap hanya dapat disimpan dalam keadaan beku selama dua bulan.

Ikan tanpa lemak, seperti ikan kod, haddock, flounder, dan trout, dapat disimpan dalam freezer hingga enam bulan.

Terakhir, ikan berminyak, seperti jenis makarel, salmon, tuna, herring, teri, dan sarden, dapat bertahan beku selama dua hingga tiga bulan. 

Baca juga: Mudah, 4 Cara Mengatasi Bau Tidak Sedap di Freezer

Kerang-kerangan

Kerang-kerangan memiliki umur simpan sedikit berbeda dalam hal penyimpanan beku. Udang yang dimasak dapat bertahan di freezer enam hingga sembilan bulan dan udang beku dari toko dapat bertahan selama sembilan hingga 12 bulan.

Kepiting dan lobster dapat disimpan dalam jangka waktu enam bulan. Kerang beku dapat bertahan selama dua hingga tiga bulan, tetapi tiram hanya dapat bertahan selama satu hingga tiga bulan. 

Baca juga: 8 Sayuran yang Bisa Disimpan di Freezer dan Caranya

Daging

Ilustrasi daging beku di freezer. SHUTTERSTOCK/AHANOV MICHAEL Ilustrasi daging beku di freezer.
Daging mentah hanya dapat disimpan di kulkas selama beberapa hari, tapi membekukannya dapat membantu Anda mempertahankan kualitasnya lebih lama.

Daging merah dan daging babi dapat disimpan di freezer selama empat hingga 12 bulan. Daging giling, termasuk daging sapi, daging sapi muda, daging babi, dan unggas harus disimpan dalam keadaan beku selama tiga sampai empat bulan untuk mendapatkan kualitas terbaik.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com