Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berapa Lama Boleh Membekukan Makanan di Freezer? Ini Durasinya

Namun, hal ini tidak mudah untuk makanan yang disimpan atau dibekukan di freezer. Membekukan makanan adalah cara terbaik memperpanjang umur makanan, mencegah makanan terbuang, serta menghemat pengeluaran.  

Namun, berapa lama boleh membekukan makanan di freezer? Apakah nilai gizi makanan tersebut tetap terjaga?

Membekukan makanan dapat memperlambat proses pembusukan dengan membantu mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur.

Sayangnya, membekukan makanan terlalu lama di freezer dapat membuat rasanya menjadi tidak enak dan nilai gizinya menurun.

Untuk menjaga kesegaran dan kualitas makanan, berikut daftar usia penyimpanan makanan beku di freezer dikutip dari Forkly, Jumat (5/5/2023).  

Apa pun alasannya, penting memastikan menyimpan makanan laut dalam waktu tepat di dalam freezer.

Misalnya, ikan yang dilapisi tepung roti dan sudah dimasak dapat disimpan di freezer selama empat hingga enam bulan. Sedangkan ikan asap hanya dapat disimpan dalam keadaan beku selama dua bulan.

Ikan tanpa lemak, seperti ikan kod, haddock, flounder, dan trout, dapat disimpan dalam freezer hingga enam bulan.

Terakhir, ikan berminyak, seperti jenis makarel, salmon, tuna, herring, teri, dan sarden, dapat bertahan beku selama dua hingga tiga bulan. 

Kerang-kerangan

Kerang-kerangan memiliki umur simpan sedikit berbeda dalam hal penyimpanan beku. Udang yang dimasak dapat bertahan di freezer enam hingga sembilan bulan dan udang beku dari toko dapat bertahan selama sembilan hingga 12 bulan.

Kepiting dan lobster dapat disimpan dalam jangka waktu enam bulan. Kerang beku dapat bertahan selama dua hingga tiga bulan, tetapi tiram hanya dapat bertahan selama satu hingga tiga bulan. 

Daging merah dan daging babi dapat disimpan di freezer selama empat hingga 12 bulan. Daging giling, termasuk daging sapi, daging sapi muda, daging babi, dan unggas harus disimpan dalam keadaan beku selama tiga sampai empat bulan untuk mendapatkan kualitas terbaik.

Sosis, hot dog, dan daging bekal dapat disimpan dalam keadaan beku hingga dua bulan, tetapi daging asap hanya satu bulan.

Unggas (ayam, kalkun, bebek, dan angsa) dapat disimpan dalam keadaan beku hingga satu tahun. Namun, nugget atau tender ayam yang dimasak dan dibekukan secara komersial hanya boleh disimpan dalam keadaan beku selama enam hingga sembilan bulan untuk mempertahankan kualitas terbaiknya. 

Sisa makanan

Makanan sisa hanya boleh disimpan di kulkas selama tiga sampai empat hari. Karena itu, jika merasa yakin bahwa sisa makanan tidak akan habis dalam jangka waktu tersebut, lebih baik membekukannya ke freezer. 

Membekukan sisa makanan memungkinkan Anda menyimpan makanan lebih lama. Disa makanan dapat tetap segar di freezer hingga dua atau tiga bulan.

Pastikan tidak membekukan sisa makanan setelah disimpan selama beberapa hari. Meski freezer dapat memperlambat atau menghentikan pertumbuhan bakteri, tapi tidak akan membunuh bakteri yang sudah tumbuh sebelum dibekukan. 

Namun, apabila es krim beku telah mencair sepenuhnya, pastikan tidak membekukannya kembali karena bakteri yang ada di udara dapat merusaknya. 

Sayuran beku

Membeli sayuran beku adalah cara bagus menyimpan makanan sehat, terutama jika cenderung menyimpan sayuran segar di kulkas terlalu lama.

Dalam beberapa kasus, sayuran beku memiliki kandungan vitamin lebih tinggi karena dipetik pada waktu puncaknya, kemudian dibekukan cepat.

Ketika membeli sayuran yang tidak sesuai dengan musimnya, mungkin perlu waktu berminggu-minggu untuk diimpor ke tempat tinggal Anda.

Dalam kondisi seperti ini, membeli dalam keadaan beku merupakan pilihan lebih baik. Pastikan kesegaran dan kualitas sayuran tetap terjaga dengan membekukan di freezer selama maksimal delapan hingga 12 bulan.

Namun, untuk mendapatkan nilai gizi optimal, semakin cepat Anda mengonsumsinya, semakin baik. 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/05/05/212600676/berapa-lama-boleh-membekukan-makanan-di-freezer-ini-durasinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke