Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/03/2023, 08:33 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Freezer dengan ruang ekstra memiliki banyak manfaat, dari dapat menyimpan makanan lebih banyak dan rapi, membuat persiapan acara menjadi lebih mudah, mengurangi stres, serta menghemat uang. 

Sebaliknya, freezer yang tidak terorganisir dapat menyebabkan pemborosan makanan, membuat stres setiap kali membukanya, dan menyulitkan mengambil makanan yang dibutuhkan. 

Baca juga: Catat, 7 Makanan Ini Tidak Boleh Disimpan di Freezer

Karena itu, penting menata freezer dengan baik demi menghindari hal-hal tersebut. Dilansir dari Better Homes and Gardens, Senin (6/3/2023), berikut cara menata freezer dengan baik dan cepat. 

Merapikan makanan yang tidak diperlukan atau sudah tidak layak

Ilustrasi freezer.Shutterstock/PJjaruwan Ilustrasi freezer.
Mengedit isi rumah tidak perlu menghabiskan banyak waktu seperti yang Anda bayangkan. Freezer hanyalah satu area kecil, jadi anggaplah tugas ini sebagai sesuatu yang perlu dilakukan, bukan menakutkan.

Letakkan satu atau dua handuk di atas permukaan terdekat atau siapkan meja lipat dan mulailah mengeluarkan semuanya dari dalam freezer.

Jika makanan sudah melewati tanggal kedaluwarsa atau Anda tidak yakin dengan isinya, kemungkinan besar makanan tersebut sudah tidak bagus lagi. Teruslah memilih makanan hingga hanya memiliki makanan yang masih bagus. 

Baca juga: Simak, Cara Membersihkan Freezer dengan Cepat

Sortir makanan berdasarkan jenisnya

Setelah selesai merapikan, langkah selanjutnya adalah menyortir makanan. Untuk makanan yang disimpan di freezer, buatlah kategori seperti daging, buah-buahan dan sayuran, makanan siap saji, makanan anak-anak, makanan manis seperti es krim, pizza, dan lain-lain.

Proses ini tidak hanya memberi Anda gambaran tentang apa yang perlu disimpan, tetapi juga membantu membuat zona dalam freezer

Baca juga: Berapa Lama Sosis Bisa Disimpan di Freezer?

 

Mengatur zona menggunakan wadah

Ilustrasi freezer.Shutterstock/Fevziie Ilustrasi freezer.
Freezer tidak dipajang untuk dilihat siapa pun, jadi pikirkan fungsionalitas daripada desain. Tampilan dari pengatur yang Anda pilih tidak terlalu penting, tapi materil wadah yang digunakan adalah kunci membuatnya bertahan dari waktu ke waktu.

Wadah plastik cocok digunakan di dalam freezer, tetapi pastikan keranjang tersebut dibuat dari bahan yang kokoh agar tidak retak jika menaruh bahan yang berat di dalamnya.

Cari wadah yang dirancang khusus untuk penggunaan kulkas dan freezer, seperti tempat sampah akrilik yang dapat ditumpuk.

Atau ikuti tren menata freezer yang ramah lingkungan dan memakai tas silikon yang dapat digunakan kembali.

Tentu saja, wadah plastik yang dapat digunakan kembali bisa bertahan lebih lama di dalam freezer, lebih rapat, dan secara drastis mengurangi sampah plastik.

Jika menyimpan sebagian besar makanandalam kantong, letakkan kantong-kantong tersebut dalam posisi tegak di tempat sampah agar tidak tertimbun.

Apa pun wadah yang Anda pilih, pisahkan zona freezer dan pastikan semuanya terlihat jelas agar mudah mengambilnya. 

Baca juga: Perhatikan, Aturan Membersihkan Kulkas dan Freezer

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com