Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gorden Vs Kerai, Mana yang Harus Digunakan di Rumah?

Kompas.com - 14/03/2023, 20:27 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gorden tak hanya melengkapi tampilan jendela dan rumah, tapi juga memberikan privasi dan mengontrol cahaya yang masuk ke ruangan.

Namun, perawatan jendela tak cuma penggunaan gorden, ada juga kerai atau blinds. Menentukan menggunakan gorden dan kerai di rumah bisa menjadi sulit. 

Baca juga: 4 Tips Memilih Tirai Terbaik untuk Rumah dan Cara Memasangnya

Kedua elemen dekorasi ini dapat memberikan fungsi dan estetika visual yang sama, tapi ada beberapa perbedaan utama yang akan mempengaruhi keputusan Anda.

Karena itu, penting memahami baik suasana seperti apa yang Anda inginkan di rumah dan menggunakan perawatan jendela yang sesuai dengan gaya dekorasi. 

Untuk mengetahui mana yang terbaik untuk rumah, berikut sejumlah plus minus gorden dan kerai dikutip dari Rhythm of the Home, Selasa (14/3/2023). 

Baca juga: Jangan Asal, Ini 5 Cara Memilih Warna Gorden untuk Ruangan

Kontrol cahaya 

Ilustrasi kerai.Shutterstock/Tee11 Ilustrasi kerai.
Fungsi utama gorden dan kerai adalah mengendalikan cahaya alami yang masuk ke rumah. Namun, kerai dianggap lebih unggul karena dapat menyesuaikan tingkat pencahayaan lebih tepat.

Berbeda dengan gorden, kerai memiliki bilah yang dapat dimiringkan pada sudut tertentu untuk menghalangi lebih banyak atau lebih sedikit sinar matahari, sesuai keinginan.

Di sisi lain, kekurangan gorden menawarkan kontrol cahaya yang lebih terbatas. Ketebalan kain menentukan seberapa efektif cahaya matahari dapat dihalangi.

Untuk mendapatkan tingkat kontrol yang masuk akal, beberapa desain gorden menggabungkan dua panel kain, satu yang tipis dan satu lagi yang lebih berat.

Hal ini memungkinkan Anda mempertahankan ruangan cukup terang serta memaksimalkan privasi dalam situasi lain. 

Baca juga: 4 Cara Memilih Gorden Rumah Berdasarkan Feng Shui

Pemeliharaan

Dalam hal menjaga kebersihan perawatan jendela, dapat dikatakan kerai adalah yang terbaik. Berkat permukaannya yang keras, membersihkan debu cukup mudah hanya dengan menggunakan kain mikrofiber biasa.

Bilah-bilahnya dapat diputar untuk pembersihan menyeluruh di semua sisi tirai. Untuk noda sulit, Anda biasa menghilangkannya dengan larutan pembersih rumah tangga biasa seperti berbahan dasar cuka putih.

Namun, kelebihan gorden tidak membutuhkan banyak perawatan selain sesekali perlu mencucinya. Mencuci gorden dianggap merepotkan karena harus melepaskannya dari batang gorden.

Secara keseluruhan, gorden tidak cepat kotor seperti kerai. Ditambah, ada beberapa jenis kerai yang bisa sangat membosankan untuk dibersihkan karena harus memeriksa setiap bilahnya.   

Baca juga: Ketahui, Ini 5 Tanda Perlu Mengganti Gorden Segera

Biaya

Ilustrasi gorden di ruang tamu. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi gorden di ruang tamu.
Bukan tugas mudah memperkirakan perbedaan biaya antara kerai dan gorden karena keduanya memberikan variasi besar dalam hal bahan, ukuran, dan fitur lainnya yang mempengaruhi biaya akhir.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com