Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Finishing Kolam Renang Terbaik dan Cara Memilihnya

Kompas.com - 12/03/2023, 20:37 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kolam renang adalah fitur mewah dari sebuah rumah atau properti. Hal ini karena membangun dan melakukan perawatan kolam renang membutuhkan biaya yang tak sedikit. 

Jika berancana membangun kolam renang di rumah, memilih finishing yang tepat dianggap sebagai langkah penting. 

Baca juga: Kenapa Ubin Kolam Renang Berwarna Biru? Ini Penjelasannya

Ini bukan hanya masalah estetika karena finishing kolam renang dapat bervariasi dalam hal daya tahan dan keterjangkauan.

Solusi penyelesaian kolam renang klasik dulunya terbuat dari material beton, tapi hal ini tidak lagi menjadi pilihan karena kemajuan desain kolam renang.

Saat ini, ada banyak pilihan yang tersedia untuk membuat kolam renang paling bergaya serta sesuai dengan kebutuhan.

Dilansir dari Rhythm of the Home, Minggu (12/3/2023), berikut sejumlah finishing kolam renang terbaik yang tersedia di pasaran.  

Baca juga: 3 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membuat Kolam Renang Custom

Plester standar

Ilustrasi kolam renang. Shutterstock/pics721 Ilustrasi kolam renang.
Ada beberapa jenis lapisan plester yang telah dikembangkan akhir-akhir ini untuk kolam renang. Sebagian besar pilihan plester menawarkan tampilan halus dalam nuansa putih atau abu-abu muda.

Bahannya dibuat dari semen dan marmer yang dihancurkan. Ini dirancang untuk memberikan tampilan kolam renang yang elegan tanpa menghabiskan banyak uang.

Plester adalah solusi paling terjangkau untuk finishing kolam renang, tapi memiliki beberapa kekurangan seperti perawatan yang tinggi dan umur pendek.

Plester putih standar adalah pilihan paling murah jika dibanding jenis plester lainnya. Hasil akhir ini menawarkan desain yang sangat menarik karena memungkinkan Anda menikmati tampilan kolam renang klasik dengan air yang memantulkan warnanya. 

Baca juga: 4 Hal yang Dibutuhkan Sebelum Memasang Kolam Renang di Rumah

Plester berwarna

Jika Anda tertarik dengan nuansa seperti laguna untuk kolam renang, sebaiknya mencoba warna berbeda untuk lapisan plester.

Nuansa abu-abu atau hitam yang semakin gelap dapat digunakan untuk meningkatkan kecerahan air kolam renang. Tergantung pada jenis plester berwarna yang dipilih, Anda mungkin dapat menikmati warna biru yang lebih diinginkan untuk air.

Disarankan memilih jenis plesteran semacam ini jika lebih menyukai estetika yang lebih dramatis dengan kedalaman lebih baik. Banyak kolam renang yang bisa mendapatkan tampilan lebih organik dengan menggunakan plester abu-abu gelap. 

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Kolam Renang di Rumah

 

Ubin keramik dan porselen

Ilustrasi kolam renang. Shutterstock/stock_SK Ilustrasi kolam renang.
Jika khawatir tentang daya tahan kolam renang, finishing ubin adalah cara terbaik untuk dipertimbangkan. Ubin keramik dan porselen biasanya digunakan untuk jenis finishing ini.

Ubin tidak hanya dapat diandalkan dalam hal umur panjang, tetapi juga menambahkan aksen gaya pada permukaan kolam renang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com