Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Tips Sukses Menanam Tomat di Dalam Ruangan agar Rajin Berbuah

Kompas.com - 13/12/2022, 07:48 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman tomat bisa tumbuh baik di luar ruangan. Namun, dengan perawatan khusus, tanaman tomat juga dapat tumbuh, berbunga, dan berbuah di dalam ruangan.

Ketika menanam tomat dalam ruangan, jangan berharap memanen cukup banyak, tetapi panen tomat kecil yang lezat untuk salad, menghiasi lauk pauk, dan memberikan semburan rasa untuk hidangan.

Dikutip dari Better Homes & Gardens, Selasa (13/12/2022), berikut beberapa tips menanam tomat di dalam ruangan agar tumbuh dan berbuah dengan baik.

Baca juga: 4 Kesalahan yang Umum Terjadi saat Menanam Tomat, Apa Saja?

 

Ilustrasi menanam tomat di pot gantung. SHUTTERSTOCK/YULIASIS Ilustrasi menanam tomat di pot gantung.

1. Cahaya yang kuat dan terang

Serangkaian lampu tumbuh menggantikan matahari saat menanam tomat di dalam ruangan. Sinar matahari yang tersedia di dalam ruangan jarang cukup kuat untuk kebutuhan tanaman tomat agar tumbuh dan menghasilkan buah.

Bahkan sinar matahari yang melimpah di jendela yang menghadap ke selatan tidak memenuhi kebutuhan tanaman tomat untuk tumbuh subur.

Satu set lampu tumbuh tersedia di pusat taman dan rumah, yang digantung beberapa inci di atas bagian atas tanaman akan mendorong pertumbuhan yang kuat.

Pastikan untuk menjaga lampu dalam jarak 6 inci dari bagian atas tanaman.

Baca juga: Tips Menanam Tomat di Pot Gantung agar Rajin Berbuah

Intensitas cahaya yang datang dari sumber cahaya berkurang dengan cepat semakin jauh cahaya dari tanaman. Bibit dan tanaman tomat muda membutuhkan sekitar 18 hingga 22 jam cahaya tambahan per hari saat tumbuh di dalam ruangan.

Tanaman dengan buah yang berwarna dan matang tidak membutuhkan banyak cahaya dan dapat dipindahkan ke jendela yang menghadap ke selatan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com