Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Menanam Tomat di Pot Gantung agar Rajin Berbuah

Kompas.com - 25/10/2022, 07:13 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menanam tanaman hias atau tanaman bunga di pot gantung sudah biasa. Namun, bagaimana dengan menanam tomat di pot gantung?

Ya, Anda bisa menanam tomat di pot gantung untuk menikmati hasil panennya. Menanam tomat di pot gantung sangat menguntungkan, khususnya jika Anda tidak memiliki lahan yang cukup luas untuk menanam di tanah.

Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menanam tomat di pot gantung. Dikutip dari Better Homes & Gardens, Selasa (25/10/2022), berikut beberapa tips menanam tomat di pot gantung agar rajin berbuah.

Baca juga: Cara Mengatasi dan Mencegah Penyakit Busuk Daun pada Tomat dan Kentang

Tanaman tomat ceri bisa diletakkan indoor untuk menyejukkan ruangan dapur.Unsplash/Jasmin Schreiber Tanaman tomat ceri bisa diletakkan indoor untuk menyejukkan ruangan dapur.

1. Pilih pot yang tepat

Tomat akan tumbuh di pot gantung biasa dan pot terbalik. Meskipun baru, pot tanaman terbalik menghadirkan banyak tantangan praktis untuk menanam tomat.

Tanaman secara alami ingin tumbuh ke arah sinar matahari. Saat ditanam terbalik dalam pot khusus, batang tomat akan membengkok dan membentuk huruf U saat mencoba tumbuh ke arah cahaya.

Batang yang bengkok lemah dan mudah patah karena berat buah atau saat angin kencang. Pot terbalik juga berpotensi untuk menaungi sebagian tanaman yang sedang berkembang.

Pastikan untuk memilih lokasi yang memiliki banyak sinar matahari langsung untuk produksi buah terbaik.

Baca juga: Penyebab Tomat Busuk pada Bagian Bawah dan Cara Mencegahnya

Pot tomat gantung terbalik terbaik terbuat dari bahan yang kokoh. Pot plastik tipis yang populer mengering terlalu cepat untuk penggunaan praktis.

Selama kondisi panas dan kering, pot plastik membutuhkan penyiraman lebih dari sekali sehari. Pilih pot yang berwarna terang, sebab pot berwarna gelap dapat menyebabkan akar tanaman menjadi terlalu panas selama cuaca panas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com