Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan dan Mengembalikan Kilau pada Ubin Kamar Mandi

Kompas.com - 28/10/2022, 20:40 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ubin kamar mandi yang kusam memberikan kesan tidak terawat. Ubin kamar mandi kehilangan kilau karena pemakaian sehari-hari, terkena paparan kotoran, buih sabun, noda air, dan faktor lingkungan lainnya.

Untunganya, ada berbagai perawatan alami hingga perawatan berat yang membantu mengembalikan kilau ubin kamar mandi sehingga bisa mendapatkan kembali kenyamanan. 

Dilansir dari Home Guides SF Gates, Jumat (28/10/2022), berikut cara membersihkan ubin kamar mandi yang kusam. 

Baca juga: Kebiasaan di Kamar Mandi yang Bisa Menyebarkan Kuman, Apa Itu? 

Perawatan rutin 

Ilustrasi kamar mandi kecil.Shutterstock/Photographee.eu Ilustrasi kamar mandi kecil.
Perawatan dan pembersihan rutin ubin kamar mandi dapat membantu mempertahankan kilau khasnya. Secara teratur, sikat atau gosok ubin menggunakan dua sendok makan pembersih serbaguna yang dicampur ke dalam tiga liter air panas.

Untuk menambah kilau, keringkan area tersebut dengan kain mikrofiber, lalu gosok hingga hasil akhir mengilap.

Untuk ubin kamar mandi dan area lain yang sangat kotor, tuangkan larutan ini ke dalam botol semprot, kemudian semprotkan, dan tunggu setidaknya 15 menit hingga mengeras.

Setelah itu, lap bersih dengan spons basah dan Anda akan melihat ubin kembali berkilau serta bersih. 

Baca juga: 3 Bahan Sederhana untuk Membersihkan Lantai Kamar Mandi yang Licin 

Solusi alami

Baking soda dan cuka dapat menjadi pembersih alami untuk membersihkan ubin kamar mandi. Taburkan baking soda secara bebas di atas ubin, lalu gosok, serta bilas untuk membersihkan dan menghilangkan bau secara bersamaan.

Untuk area sangat kotor, lakukan pembersihan menyeluruh dengan larutan setengah cangkir cuka, setengah cangkir amonia, dan seperempat cangkir detergen yang dicampur ke dalam tiga liter air hangat. 

Baca juga: 5 Pilihan Keramik Lantai Kamar Mandi yang Antilicin

Kenakan sarung tangan karena larutan ini bisa menjadi keras pada kulit halus. Bila ingin membuat ubin kamar mandi lebih berkilau lagi, semprotkan spray furniture polish atau minyak lemon di atas permukaan, lalu gosok menggunakan kain mikrofiber lembut.

Pembersihan ini akan membuat ubin kamar mandi kembali berkilau. Hindari menggunakan semir furnitur atau minyak lemon pada lantai pancuran dan bak mandi karena bisa membuat permukaan licin. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com