Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Pilihan Hasil Akhir Cat Terbaik untuk Kamar Mandi

Kompas.com - 13/10/2022, 19:25 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar mandi terkadang menjadi ruangan yang terabaikan di rumah. Padahal, kamar mandi menjadi ruangan yang digunakan setiap harinya.

Untuk itu, membuat kamar mandi nyaman menjadi salah satu hal yang harus dipertimbangkan, salah satu caranya merenovasi kamar mandi.  

Baca juga: 3 Tanda Perlu Mengganti Exhaust Fan Kamar Mandi

Akan tetapi, dilansir dari Southern Living, Kamis (13/10/2022), ada beberapa kesalahan yang biasanya dilakukan orang saat merenovasi kamar mandi, salah satunya memilih warna cat. 

Ada banyak pilihan warna dan finishing atau hasil akhir cat kamar mandi. Namun, dari semua pilihan, hasil akhir cat adalah hal paling penting karena beberapa kamar mandi menghasilkan banyak kelembapan.

Cat dengan lapisan akhir mengkilap lebih mudah dibersihkan serta tahan terhadap kelembapan, jamur, dan lumut daripada lapisan datar atau matte

Baca juga: Ini Warna-warna Cat yang Tidak Dianjurkan Untuk Rumah

Ilustrasi kamar mandiUnsplash/Point3D Commercial Imaging Ltd. Ilustrasi kamar mandi
Itulah cat dengan hasil akhir lebih berkilau adalah pilihan terbauk untuk dinding kamar mandi. Namun, sering kali orang salah memilih hasil akhir lapisan untuk dinding kamar mandi mereka.

Consumer Reports merekomendasikan menggunakan hasil akhir cat satin atau semi-gloss. Mereka berpendapat satin lebih tahan lama dan berkilau daripada hasil akhir eggshell dan sangat ideal untuk kamar mandi.

Selain itu, hasil akhir cat satin mudah dibersihkan serta bisa diterapkan untuk dinding, plafon, bahkan trim. 

Baca juga: 6 Warna Cat yang Membawa Keberuntungan di Rumah Menurut Feng Shui

Begitu pun hasil akhir semi-gloss mudah dibersihkan dan dapat digunakan pada dinding, plafon, trim, dan meja rias jika Anda tidak keberatan dengan tampilan yang lebih berkilau.

Namun, sebelum mengecat kamar mandi, bersihkan dinding kamar mandi terlebih dahulu sehingga permukaan bersih. 

Apabila ada noda jamur, hilangkan dengan larutan air dan pemutih. Saat melakukannya, buka jendela atau nyalakan kipas angin. 

Baca juga: 4 Warna Cat yang Harus Dihindari di Dapur Menurut Desainer Interior

Menggunakan cat primer antijamur juga bisa menjadi salah satu cara sebelum pengecatan keseluruhan dimulai. 

Perlu diingat, jika Anda tidak menggunakan cat dengan lapisan semi-gloss atau satin pada dinding kamar mandi, Anda akan menghadapi tugas pembersihan lebih sulit pada masa mendatang, bahkan masalah jamur yang ada pada permukaan dinding serta area lainnya di kamar mandi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com