Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Fakta Menarik Kuda, Tidak Bisa Bersendawa dan Tidur Berdiri

Kompas.com - 04/09/2022, 14:17 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain anjing dan kucing, kuda juga menjadi salah satu hewan yang cukup banyak dipelihara. 

Kuda bisa memberi kesenangan serta mengusir stres. Namun, dibanding hewan peliharaan lainnya, memelihara kuda membutuhkan biaya yang mahal.  

Baca juga: 5 Ras Kuda Terindah di Dunia

Selain butuh biaya besar untuk membelinya, memelihara kuda juga memerlukan banyak perawatan, dari tubuh, bulu, nutrisi, hingga kandang. Tak heran, memelihara kuda disebut sebagai bentuk kemewahan.

Untuk mengetahui lebih dalam tentang kuda, berikut sejumlah fakta menarik kuda yang perlu diketahui dikutip dari The Spruce, Minggu (4/9/2022). 

Kuda tidur berdiri 

Ilustrasi kuda -Gubernur NTB memiliki kuda bernama James Bond.SHUTTERSTOCK / Sari ONeal Ilustrasi kuda -Gubernur NTB memiliki kuda bernama James Bond.
Selain posisi berbarang, kuda bisa tidur sambil berdiri. Kuda harus berbaring untuk mencapai siklus tidur restoratif penuh selama minimal 30 menit per hari guna menghindari kurang tidur.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi kemampuan kuda berbaring tidur dan istirahat seperti cuaca, ruang yang tersedia, dan tempat tidur yang nyaman atau penghalang fisik seperti hambatan muskuloskeletal; yaitu osteoartritis. 

Baca juga: 6 Kesalahan Membeli Kuda Pertama Kali untuk Dipelihara

Kuda tidak bisa bersendawa

Selanjutnya, fakta menarik kuda adalah tidak bisa bersendawa, muntah, atau bernapas melalui mulut seperti manusia. Sistem pencernaan kuda adalah jalan satu arah, tidak seperti sapi yang memuntahkan makanan untuk dikunyah kembali.

Meski memiliki cara cukup efisien untuk memproses makanan berserat keras, sistem satu arah yang panjang ini dapat menyebabkan masalah yang mengakibatkan kolik atau kondisi tidak nyaman pada organ pencernaan. 

Baca juga: Alasan Kuda Tidur dengan Posisi Berdiri

 

Kuda bisa hidup lebih dari 30 tahun

Salah satu pertanyaan paling umum tentang kuda adalah "berapa lama seekor kuda hidup?" Jawabannya, kuda bisa berumur lebih dari 30 tahun. 

Pengetahuan tentang nutrisi kuda, perawatan kuda, dan kedokteran hewan telah meningkat usia harapa hidup tersebut. 

Kuda adalah herbivora

Ilustrasi kuda. PIXABAY/rihaij Ilustrasi kuda.
Selain itu, fakta menarik kuda adalah hewan herbivora. Cara gigi mereka terbentuk menggiling geraham untuk memecah bahan tanaman berserat, posisi mata mereka menghadap ke samping untuk mencari predator, dan jenis sistem pencernaan adalah ciri khas herbivora. 

Baca juga: 8 Fakta Menarik Anjing Pit Bull yang Kerap Dianggap Berbahaya 

Kuda telah dijinakkan lebih dari 3.000 tahun lalu

Anjing mungkin telah dijinakkan sekitar 14 ribu tahun lalu. Kucing juga telah menjadi sahabat manusia sekitar 8.500 tahun lalu.

Hubungan manusia dengan kuda baru dimulai sekitar 6.000 tahun lalu meski beberapa bukti mengungkap kuda telah dijinakkan lebih awal. 

Kebanyakan kuda putih sebenarnya berwarna abu-abu

Sebagian besar kuda putih yang Anda lihat sebenarnya memiliki warna jauh lebih gelap saat lahir dan secara bertahap berubah menjadi putih.

Kuda-kuda "putih" ini mungkin mulai dari bay, kastanye, atau hampir hitam. Kuda-kuda ini tidak disebut putih, tetapi abu-abu.  

Baca juga: 8 Negara yang Melarang dan Membatasi Anjing Doberman Pinscher 

Kuda bukan asli Amerika Utara

Terakhir, fakta menarik kuda adalah bukan asli Amerika Utara. Setiap kuda di benua Amerika Utara adalah keturunan kuda Eropa.

Bahkan kuda-kuda yang kita anggap "liar" sebenarnya adalah kuda liar, yang nenek moyangnya lolos dari penangkaran.

Kuda menghilang dari Amerika lebih dari 11 ribu tahun lalu dan ada banyak bukti fosil bahwa nenek moyang kuda tinggal di sini sebelum itu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com