Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/09/2022, 09:55 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Vet Street

JAKARTA, KOMPAS.com – Memelihara kucing tua cukup menantang. Bisa dikatakan, mereka sama seperti anak kucing karena mudah terkena penyakit.

Selain itu, asupan nutrisinya pun harus benar-benar dijaga agar mereka tetap sehat dan merasa nyaman. Meski demikian, terkadang ada beberapa penyakit yang tidak dapat dihindari kucing senior.

Baca juga: Amankah Memelihara Anjing dan Kucing Bersamaan?

Seorang dokter hewan bernama Marty Becker menulis dalam Vet Street, Jumat (2/9/2022), ada tujuh masalah kesehatan umum yang terjada pada kucing tua. Apa saja?

1. Radang sendi

Ilustrasi kucing Bengal.Unsplash/ingvar_erik Ilustrasi kucing Bengal.

Menurut dokter hewan bernama Arnold Plotnick, penelitian menunjukkan, 90 persen kucing berusia di atas 12 tahun cenderung memiliki tanda-tanda radiografi radang sendi.

Menurut Becker, jika kucing tidak ingin lagi naik atau turun tangga, atau melompat dan turun dari furnitur, kesulitan membersihkan diri sendiri, atau tampak kaku setelah berdiri, radang sendi mungkin menjadi penyebabnya. 

Baca juga: 7 Ras Kucing Abu-abu Putih Berbulu Pendek yang Menggemaskan

Apabila kamu melihat salah satu dari tanda-tanda tersebut, segera konsultasi dengan dokter hewan untuk membantu meringankan rasa sakit sahabat bulu.

2. Kanker

Heather Wilson, dokter hewan dan asisten profesor Onkologi di Texas A&M University College of Veterinary Medicine and Biomedical Sciences, mengatakan bahwa 30 persen kucing berusia di atas 10 tahun akan didiagnosis dengan beberapa bentuk kanker.

Salah satu jenis kanker yang paling umum terlihat pada kucing adalah limfoma. Ada beberapa tanda peringatan terkait kanker yang mencakup kehilangan napsu makan atau penurunan berat badan yang tidak disengaja.

Baca juga: 5 Ras Kucing Abu-abu Putih Berbulu Panjang dan Tebal

Kemudian benjolan yang bertambah besar, luka yang tidak kunjung sembuh, atau pendarahan atau cairan yang keluar dari mulut, hidung, atau anus.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com