Kompas.com - 03/10/2021, 16:30 WIB
Ilustrasi kuda Unsplash/Helena LopesIlustrasi kuda

JAKARTA, KOMPAS.com - Kuda merupakan salah satu hewan yang cukup banyak dipelihara oleh beberapa orang. Kuda bisa menjadi sahabat, memberi kesenangan, serta mengusir stres

Namun, dibanding hewan peliharaan lainnya, seperti anjing, kucing, burung, kuda adalah hewan peliharaan mahal karena membutuhkan banyak perawatan, dari tubuh, bulu, nutrisi, hingga kandang. Tak heran, memelihara kuda disebut sebagai bentuk kemewahan. 

Baca juga: 5 Ras Kuda Terindah di Dunia

Ketika membeli dan memelihara kuda untuk pertama kalinya, hal itu menjadi pengalaman yang mengasyikkan. Sayangnya, banyak orang melakukan kesalahan. Akibatnya, merusak kesenangan menunggang dan berisiko mendatangkan bahaya.  

Melansir dari laman The Spruce Pets, Minggu (3/9/2021), berikut ini enam kesalahan membeli kuda pertama kali untuk dipelihara.  

Baca juga: 6 Fakta Unik Anjing Basset Hound, Si Pendek Bertubuh Gempal

Membeli kuda yang tidak terlatih

Ilustrasi kuda, ilmuwan Kosta Rika menggunakan antibodi kuda untuk pengobatan virus corona. Pengobatan ini diklaim murah dan terjangkau.SHUTTERSTOCK/Callipso Ilustrasi kuda, ilmuwan Kosta Rika menggunakan antibodi kuda untuk pengobatan virus corona. Pengobatan ini diklaim murah dan terjangkau.
Kuda yang tidak terlatih sering kali memiliki harga yang lebih murah. Namun, jangan membeli kuda yang Anda rencanakan untuk dilatih sendiri, bahkan dikirim ke pelatih.

Sebab, melatih kuda bisa memakan waktu berbulan-bulan. Ini bisa berbahaya jika tidak dilakukan dengan benar.

Kuda dewasa muda atau tidak berpengalaman tidak dapat diandalkan. Para pemula akan lebih aman dan bahagia dengan kuda yang sudah berpengalaman.  

Baca juga: 5 Manfaat Memberikan Mainan Interaktif pada Kucing

Menolak kuda tua 

Seekor kuda yang lebih tua menjadi kuda terbaik untuk mereka yang baru pertama kali memelihara kuda.  Pemula menghindar memilih kuda berusia belasan dan dua puluhan.

Namun, banyak kuda yang sehat dapat ditunggangi hingga usia lanjut. Faktanya, olahraga ringan setiap hari seperti retasan atau mengemudi yang tenang mungkin bermanfaat bagi kuda serta penunggang. 

Baca juga: Gejala dan Pertolongan pada Anjing yang Keracunan

Membeli kuda muda untuk anak-anak

Ini adalah gagasan romantis, tetapi kenyataannya kuda muda dan penunggang pemula muda bukanlah perpaduan yang aman. Belikan anak-anak Anda kuda dewasa yang terlatih dengan baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.