Kompas.com - 03/10/2021, 15:10 WIB
Ilustrasi mencuci pakaian. FREEPIK/FREEPIKIlustrasi mencuci pakaian.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mencuci pakaian bertujuan membersihkan pakaian dari keringat, kotoran, dan noda. Namun, terkadang mencuci pakaian dengan cara yang salah dapat menyebabkan pakaian melar.

Melansir dari Reader's Digest, Minggu (3/10/2021), Mary Gagliardi, ilmuwan dan ahli kebersihan Clorox, mengatakan mencuci pakaian dengan mengikuti petunjuk pada label perawatan pakaian dapat menjaga pakaian tetap dalam kondisi baik dan bersih.

Namun, ada berbagai penyebab pakaian melar dan menyusut saat dicuci. Berikut ini penjelasannya. 

Baca juga: Apakah Harus Mencuci Pakaian dan Seprai yang Baru Dibeli? 

Jenis serat dan kualitas pakaian

Menurut Gagliardi, jenis serat adalah alasan utama yang menyebabkan pakaian melar. "Kain alami seperti katun dan linen lebih cenderung melar karena sifat penyerapan kelembapannya," katanya.

Pakaian dengan material serat bulu hewan alami seperti wol dan kasmir juga menyerap kelembapan yang membuat pakaian tampak lebih kecil setelah basah atau menyusut. 

Baca juga: Panduan Cara Menyusun Pakaian Secara Teratur di Lemari Kecil 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Alasan lain pakaian bisa menyusut berkaitan dengan seberapa besar ketegangan benang saat kain ditenun, dirajut, atau saat diproses dan kualitas pakaian secara keseluruhan.

Secara umum, pabrikan dengan kualitas lebih tinggi menggunakan hasil akhir khusus dan teknik produksi untuk mencegah penyusutan.

Baca juga: Dilipat Vs Digantung, Mana Cara Terbaik Menyimpan Pakaian? 

Mencegah pakaian melar dan menyusut 

Ada beberapa cara mencegah pakaian melar dan menyusut seperti menurunkan suhu pencucian dan pengeringan udara, terlebih untuk pakaian dengan material katun. 

Pakaian material jeans dan kain lain yang lebih berat dapat digantung dengan gantungan celana agar lebih mudah kering

 

Kain ringan yang kurang kokoh harus diletakkan rata hingga kering. Selain itu, hindari menggantung pakaian dengan material berat karena dapat membuat jahitan bahu robek atau meregang. 

Namun, jika pakaian sudah telanjur melar dan menyusut setelah dicuci, Anda bisa melakukan hal ini untuk mengembalikan bentuk pakaian ke semula meski tidak sempurna.  

Baca juga: 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mencuci Pakaian

  • Isi wastafel atau bak mandi dengan air hangat dan tambahkan sebotol sampo bayi, kondisioner rambut, atau sabun cuci yang diformulasikan untuk siklus halus. Ini adalah detergen terbaik untuk mencuci pakaian melar. 
  • Rendam pakaian hingga 30 menit untuk melonggarkan serat.
  • Keluarkan pakaian dari air dan peras perlahan air dari pakaian, tetapi jangan bilas.
  • Letakkan pakaian di atas handuk datar dan gulung, remas dengan lembut sampai pakaian lembap serta tidak basah.
  • Letakkan pakaian di atas handuk datar kering lainnya, regangkan perlahan kembali ke ukuran yang sudah menyusut.
  • Setelah itu, biarkan pakaian mengering dengan sendiri. 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.