Kompas.com - 30/09/2021, 22:15 WIB
Ilustrasi anjing Basset Hound Unsplash/Casper CoomansIlustrasi anjing Basset Hound

JAKARTA, KOMPAS.com - Basset hound merupakan anjing bertubuh panjang dan besar dengan kaki yang cukup pendek.

Lantaran berkaki pendek ini membuat Basset hound menjadi anjing yang lambat dewasa, sering kali tidak mencapai ukuran penuh sampai berusia dua tahun. 

Baca juga: 6 Ras Anjing dengan Telinga Panjang yang Lucu dan Menggemaskan

 

Basset hound mudah dikenali dari tampilannya yang unik. Mulai dari, kaki yang pendek dan bengkok, tubuh gemuk dan panjang, telinga panjang menggantung, kepala besar, bibir menggantung, dahi berkerut, hingga mata yang sedih. 

Meski demikian, anjing Basset hound cukup banyak dipelihara lantaran penampilannya yang unik dan tingkahnya yang lucu serta menggemaskan. Basset hound juga dikenal menyenangkan dan penyayang kepada orang sekitarnya. 

Nah, bagi Anda yang tertarik memelihara Basset hound, berikut ini sejumlah fakta unik anjing Basset hound dilansir dari Mental Floss, Rover, dan American Kennel Club, Kamis (30/9/2021). 

Baca juga: 5 Ras Anjing yang Ramah pada Anak-anak 

Nama Basset hound merujuk pada ukuran tubuhnya 

Ilustrasi anjing telinga besar, anjing Basset HoundUnsplash/kyle smith Ilustrasi anjing telinga besar, anjing Basset Hound
Basset berasal dari kata Perancis, yakni bas, yang berarti rendah atau pendek. Kata itu kemudia melekat sebagai nama dari anjing Basset hound yang kita kenal hingga sekarang. 

Meski bertubuh pendek, tidak berarti ras anjing ini lemah atau enteng. Anjing Basset hound biasanya hanya setinggi 35 sentimeter, tetapi berat badannya bisa mencapai rata-rata 22-27 kilogram. 

Baca juga: 10 Ras Anjing Ini Mudah Dilatih, Pudel hingga Doberman

Berasal dari Prancis dan Belgia 

Menurut American Kennel Club, Basset Hounds berasal dari Prancis dan Belgia. Biarawan dari Biara St. Hubert adalah orang pertama yang membiakkan ras anjing unik ini.

Anjing Basset Hounds dengan cepat menjadi populer di kalangan bangsawan Prancis. Hingga akhirnya, anjing ini berhasil tiba di Amerika Serikat.

Warga Amerika pun dengan cepat jatuh cinta pada ras anjing ini. Akhirnya, Basset Hounds mulai diakui sebagai ras anjing oleh The American Kennel Club pada 1916. 

Baca juga: Kenali, 4 Jenis Cacing yang Menyerang Anjing

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.