Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/09/2021, 07:19 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Daily Paws

JAKARTA, KOMPAS.com - Cacingan adalah penyakit yang kerap diderita anjing peliharaan. Cacing ini menyerang sistem pencernaan anjing, namun pengobatan dan pencegahannya relatif sederhana.

Dilansir dari Daily Paws, Senin (27/9/2021), ada beberapa jenis cacing usus yang kerap menyerang anjing. Masing-masing jenis cacing ini memiliki karakteristiknya sendiri.

Berikut beberapa jenis cacing yang sering menyerang usus anjing dan gejalanya.

Baca juga: 6 Ras Anjing dengan Telinga Panjang yang Lucu dan Menggemaskan

Anjing yang sakit akan memiliki perubahan perilaku atau kebiasaan.Unsplash/Priscilla Du Preez Anjing yang sakit akan memiliki perubahan perilaku atau kebiasaan.

1. Cacing gelang

"Cacing gelang yang juga disebut Ascarids adalah cacing berwarna cokelat dan berukuran panjang yang terlihat seperti spageti yang dimasak," kata Jess Nichols, kepala petugas dokter hewan dari Spay and Neuter Kansas City di Kansas City, Missouri, AS.

Menurut Companion Animal Parasite Council (CAPC), cacing gelang adalah cacing parasit yang paling umum ditemukan pada anjing, terutama anak anjing.

2. Cacing tambang

Cacing tambang adalah cacing putih kecil berukuran 1–2 cm. Sedikit lekukan di bagian depan tubuhnya membuat cacing ini terlihat mirip dengan kail pancing.

Cacing tambang adalah parasit yang sangat jahat. Tidak seperti cacing lain yang memakan makanan dan minuman yang mengambang di usus hewan peliharaan, jelas Nichols, cacing tambang adalah pengisap darah.

Baca juga: 7 Ras Anjing Peliharaan Berbulu Lebat, Lembut dan Menggemaskan

Cacing ini benar-benar mengaitkan diri mereka ke dinding usus anjing dengan giginya, melepaskan zat yang mencegah darah hewan inangnya membeku, dan menghisap darah anjing.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber Daily Paws
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com