Kompas.com - 27/09/2021, 07:19 WIB
Kenali beberapa tanda anjing tengah sakit. Unsplash/Irina SwlewcgKenali beberapa tanda anjing tengah sakit.

JAKARTA, KOMPAS.com - Cacingan adalah penyakit yang kerap diderita anjing peliharaan. Cacing ini menyerang sistem pencernaan anjing, namun pengobatan dan pencegahannya relatif sederhana.

Dilansir dari Daily Paws, Senin (27/9/2021), ada beberapa jenis cacing usus yang kerap menyerang anjing. Masing-masing jenis cacing ini memiliki karakteristiknya sendiri.

Berikut beberapa jenis cacing yang sering menyerang usus anjing dan gejalanya.

Baca juga: 6 Ras Anjing dengan Telinga Panjang yang Lucu dan Menggemaskan

Anjing yang sakit akan memiliki perubahan perilaku atau kebiasaan.Unsplash/Priscilla Du Preez Anjing yang sakit akan memiliki perubahan perilaku atau kebiasaan.

1. Cacing gelang

"Cacing gelang yang juga disebut Ascarids adalah cacing berwarna cokelat dan berukuran panjang yang terlihat seperti spageti yang dimasak," kata Jess Nichols, kepala petugas dokter hewan dari Spay and Neuter Kansas City di Kansas City, Missouri, AS.

Menurut Companion Animal Parasite Council (CAPC), cacing gelang adalah cacing parasit yang paling umum ditemukan pada anjing, terutama anak anjing.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Cacing tambang

Cacing tambang adalah cacing putih kecil berukuran 1–2 cm. Sedikit lekukan di bagian depan tubuhnya membuat cacing ini terlihat mirip dengan kail pancing.

Cacing tambang adalah parasit yang sangat jahat. Tidak seperti cacing lain yang memakan makanan dan minuman yang mengambang di usus hewan peliharaan, jelas Nichols, cacing tambang adalah pengisap darah.

Baca juga: 7 Ras Anjing Peliharaan Berbulu Lebat, Lembut dan Menggemaskan

Cacing ini benar-benar mengaitkan diri mereka ke dinding usus anjing dengan giginya, melepaskan zat yang mencegah darah hewan inangnya membeku, dan menghisap darah anjing.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Daily Paws
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.