Kompas.com - 26/09/2021, 17:59 WIB
Ilustrasi anjing telinga besar, anjing Basset Hound Unsplash/kyle smithIlustrasi anjing telinga besar, anjing Basset Hound

JAKARTA, KOMPAS.com - Anjing merupakan salah satu hewan yang memiliki banyak keunikan. Salah satunya, memiliki telinga panjang. 

Selain untuk mendengar, telinga panjang pada anjing dianggap dapat membantu menyalurkan aroma langsung dari lingkungan sekitar ke hidung sensitif mereka. Tak heran, anjing pelacak banyak memiliki telinga panjang. 

Baca juga: 7 Ras Anjing Peliharaan Berbulu Lebat, Lembut dan Menggemaskan

Menurut PetMeds, anjing biasanya mendengar rentang frekuensi 40 hingga 60.000 Hz, sedangkan manusia antara 20 dan 20.000 Hz.

Selain itu, anjing telinga panjang memiliki lebih banyak otot daripada telinga manusia. Setidaknya, ada 18 otot di telinga mereka sehingg membuat anjing lebih mengeluarkan banyak energi untuk bergerak. 

Anjing telinga panjang ini datang dalam berbagai bentuk, ukuran, dan warna. Namun, telinga panjang ini hanya ditemui pada beberapa ras anjing

Baca juga: 5 Jenis Anjing Berbulu Keriting yang Menggemaskan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski demikian, anjing dengan telinga panjang tak kalah lucu dan menggemaskan dengan anjing lainnya.

Nah, apabila tertarik memiliki anjing telinga panjang, berikut enam ras anjing telinga panjang yang lucu dan menggemaskan dilansir dari The Spruce Pets, Minggu (26/9/2021). 

Baca juga: 5 Ras Anjing yang Aktif dan Suka Bermain 

Bloodhound

Bloodhound merupakan anjing telinga panjang yang paling terkenal. Trah besar dan penuh kasih sayang ini telah membantu manusia berburu aroma atau sebagai anjing pelacak sejak abad pertengahan.

Namun, anjing Bloodhound rentan terhadap infeksi telinga. Untuk itu, perlu membersihkan telinga anjing secara rutin.  

Baca juga: Apakah Minyak Kelapa Aman untuk Anjing? Ini Penjelasannya

American cocker spaniel

Ilustrasi anjing American cocker spanielUnsplash/Celine Sayuri Tagami Ilustrasi anjing American cocker spaniel
Telinga panjang adalah ciri yang cukup dominan dari ras anjing Spaniel, termasuk American Cocker Spaniel, Field Spaniel, dan Welsh Springer Spaniel.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.